Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 yang sempat tak dapat restu ibu

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ayu Maulida dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2020, dan berhak mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2020.

JAKARTA, BERITASULUT.co.id – Roro Ayu Maulida Putri terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020, menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, pada ajang Grand Final Puteri Indonesia 2020 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (06/03/2020) malam.

Acara tersebut disaksikan oleh Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi, Miss International 2019 Sireethorn Leearamwat, dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild.

Ayu Maulidia mengalahkan 39 finalis yang tampil di puncak final Putri Indonesia 2020. Di puncak pemilihan, perwakilan Jawa Timur itu unggul dari dua finalis di babak tiga besar yaitu Putu Ayu Saraswati dari Bali, dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah.

Dilansir dati tempo.co, jawaban Ayu Maulida untuk dua pertanyaan terakhir tampaknya memikat dewan juri. Pada 6 besar Ayu dengan lugas menjawab problem stunting termasuk perbedaan dengan istilah kerdil. Kemudian babak 3 besar ia memaknai kebahagiaan sebagai bentuk syukur atas jati diri, bermanfaat bagi sesama, jatuh bisa bangkit lagi.

Ayu Maulida lahir di Surabaya, 11 Juli 1997. Melansir laman Puteri Indonesia, perempuan cantik 22 tahun ini merupakan Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga. Sebelum jadi Puteri Indonesia 2020, Ayu adalah seorang model asal Surabaya. Ia pernah menjuarai Asia Model Festival 2019 dan meraih gelar Face of Asia 2019.

Anak kedua kedua dari 3 bersaudara ini sejak kecil sudah memiliki impian sebagai model profesional, walaupun di keluarganya tidak ada yang berprofesi sebagai model. Di dunia modeling, Ayu berpartisipasi pada Indonesia Fashion Week 2019, salah satu ajang fashion terbesar di Indonesia. Ia meraih penghargaan The Best Catwalk Female Model di perhelatan itu.

Untuk kontes kecantikan, Ayu pernah mengikuti pemilihan tingkat provinsi Puteri Indonesia Jawa Timur pada 2017, namun ia gagal meraih gelar kemenangan setelah kontes tersebut dijuarai oleh Fatma Ayu Husnasari dari Blitar. Pada 2020, ia kembali mengikuti kontes yang sama, dan berhasil terpilih sebagai pemenang.

Baca Juga:  Carcia Bawotong tak percaya wakili Sulut di ajang Top Model Indonesia 2019

Tak hanya di bidang modeling, Ayu juga menjalankan aksi Senyum Desa, sebuah kegiatan sosial berupa mengajar di pelosok desa, edukasi hidup sehat, dan pemberian pelatihan kewirausahaan.

Melalui pencapaian sebagai Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida akan mewakili Indonesia pada kontes kecantikan bertaraf dunia, Miss Universe 2020.

Sempat tak dapat restu ibu

Diberitakan news.unair.ac.id, rupanya sebelum karir Ayu seperti saat ini, ia sempat dihadapkan dengan perasaan ragu lantaran latar belakang keluarganya yang bukan dari kalangan model. Ditambah lagi, ibunya yang memiliki background agama sangat kuat, membuat dirinya semakin tidak yakin untuk dapat terjun ke dalam dunia modeling.

“Seiring berjalannya waktu, saya sering mendapat tawaran tak terduga dari beberapa agency model yang meminta saya untuk bergabung dalam agency tersebut,” tambah gadis dengan tinggi badan 178 cm ini.

Berkat beragam prestasi yang diraih Ayu, orang tua memberikan respon positif karena Ayu mampu menunjukkan kesungguhannya dalam dunia model. Meski demikian, ayu tidak pernah mengesampingkan kewajibannya sebagai mahasiswa. Ia yang masih semester tiga tetap bijak membagi waktu antara kuliah dan karir.

Mimpi tidak akan menjadi realita tanpa adanya pengorbanan dan perjuangan. Kalimat tersebut rasanya sangat tepat untuk mewakili sepak terjang Ayu dalam karirnya selama ini.(TEMC/UNAIR)