Bahas kesiapan Tilang Elektronik, Walikota GSVL dukung penuh Polda Sulut

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya dan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulut Kompol Roy Tambayong, di kediamannya, Rabu (03/02/2021) sore.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang segera menerapkan Tilang Elektronik berbasis ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), membuat jajaran kepolisian di semua tingkatan langsung gerak cepat.

Khusus di Sulawesi Utara, penerapan ETLE tersebut tidak akan mengalami kendala berarti, karena fasilitas dan infrastruktur telah tersedia di Pemerintah Kota Manado melalui Cerdas Command Center (C3) yang berada di Balaikota Manado.

Polda Sulut dan beberapa Polres di Sulut telah melakukan studi banding di C3 Pemkot Manado untuk penerapan ETLE tersebut.

Bahkan, untuk kelancaran penerapan program tersebut, Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya bersama Kompol Roy Tambayong selaku Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulut, menemui dan berdiskusi dengan Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut (GSVL).

Ia menerima perwakilan Polda Sulut tersebut di kediamannya di Godbless Park Malalayang, Rabu (03/02/2021) sore, usai memantau TPA Sumompo bersama Dandim 1309 Manado dan Kapolresta Manado.

“Di tengah kesibukannya kemarin, usai Pak Walikota bersama Dandim dan Kapolresta meninjau TPA Sumompo, beliau masih sempatkan waktu untuk membicarakan bersama Dirlantas Polda Sulut tentang keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran Lalulintas Kota Manado dengan akan diberlakukannya penegakkan hukum terhadap pelanggar Lalulintas melalui Tilang Electronik yang berbasis ETLE,” ujar Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Kapus TIK) C3 Pemkot Manado, Franky Mocodompis, Kamis (04/02/2021) pagi.

Ia menjelaskan, sehingga dengan adanya Tilang Elektronik berbasis ETLE tersebut, maka tidak terjadi sentuhan fisik langsung petugas kepolisian dan masyarakat, serta meminimalisir penyimpangan di jalan.

Dan Walikota GSVL memberikan support penuh kebutuhan CCTV ANPR berikut aplikasi server ETLE melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfop Kota Manado, sehingga Polda Sulut bisa ikut dlm 5 Polda yang akan launching ETLE Nasional oleh Kapolri pada 17 Maret 2021 dari 34 Polda, termasuk Polda Sulut.

Baca Juga:  Masuk zona merah, GSVL motivasi PD

“Akan disiapkan 17 kamera, Aplikasi, dan Manajemen Server. Dan Walikota Manado mendukung penuh Polda Sulut jadi 1 dari 5 Polda yang akan ikuti launching ETLE Nasional nanti,” ujar Mocodompis, yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kominfo Kota Manado.(DONWU)