Bangun balai pelatihan dan SPAL, Liwutung Satu juga programkan pemberdayaan lansia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kumtua Liwutung Satu, Osti Owu (berdiri)

PASAN, BERITASULUT.co.id – Untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa Liwutung Satu, Kecamatan Pasan, Minahasa Tenggara (Mitra) mengalokasikan anggaran sebesar Rp.300 juta lebih yang bersumber dari dana desa (Dandes) tahap I tahun 2020.

Hukum Tua (Kumtua) Liwutung Satu, Osti Owu, mengatakan anggaran tahap satu tersebut untuk pembangunan Balai Pelatihan, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) serta program Bantuan Langsung Tunai atau BLT.

“Untuk SPAL yang dari tiap-tiap rumah warga panjang totalnya mencapai 270 meter dan anggarannya 100 juta lebih, pengerjaannya pun telah selesai. Selain itu, kami juga tengah membangun balai pelatihan dengan anggaran Rp.160 juta sekian dan bangunannya sudah sekitar 80 persen. Nanti sisa pengerjaan atau finishingnya akan dilanjutkan pada dandes tahap dua,” terang Osti Owu kepada Beritasulut.co.id, Kamis (30/07/2020).

Dan untuk BLT, Owu menerangkan bahwa tahap satu dan dua penyalurannya sudah terealisasi. “Kebetulan hari ini (Kamis,red) saya sedang mendampingi 50 warga penerima manfaat untuk BLT tahap tiga. Sementara untuk warga lainnya yang patut dibantu telah tercover dalam program seperti BPNT, PKH, BST maupun bantuan lainnya,” tukas Owu.

Lanjut, ia juga menambahkan untuk program kedepan yang ditata dalam dandes tahap dua dan tiga, pihaknya akan membangun penutup drainase serta fokus pada pemberdayaan lansia, insentif kader juga makanan tambahan bagi balita dan ibu menyusui. (HENGLY)

Baca Juga:  Bila dipaksakan proses PAW anggota KPU Mitra berpotensi DKPP