Covid-19 tak surutkan Pemkot Manado gelar Musrenbang RKPD 2021, rapat online jadi pilihan

  • Bagikan
Video conference Musrenbang RKPD Kota Manado 2021 yang digelar Bapelitbngda Manado, Senin (13/04/2020).
Video conference Musrenbang RKPD Kota Manado 2021 yang digelar Bapelitbngda Manado, Senin (13/04/2020).

MANADO, BERITASULUT.co.id – Kendati di tengah pandemi wabah corona virus disease 2019 atau Covid-19, tak menyurutkan Pemerintah Kota Manado menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Manado tahun 2021.

Memanfaatkan informasi dan telekomunikasi (IT), Senin (13/04/2020) siang, musrenbang digelar dalam bentuk video conference (vicon) meeting yang dipimpin langsung Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL).

Rapat diikuti Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE, Sekda Micler CS Lakat, para Kepala Perangkat Daerah hingga Camat, Ketua DPRD Aaltje Dondokambey, Forkompimda Kota Manado, Kepala Bapedda Provinsi Sulut, hingga LPM kecamatan.

Vicon meeting dilakukan sebagai salah satu dampak yang paling signifikan akibat wabah Covid19 di Kota Manado, yakni pelarangan penyelenggaraan acara dan perkumpulan massa yang melibatkan banyak orang, termasuk di dalamnya kegiatan pemerintahan.

Kebijakan-kebijakan untuk memperkuat Social Distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan Pemkot Manado mengambil kebijakan work from home.

“Kondisi seperti ini tidak menghalangi sirkulasi perencanaan pembangunan daerah yang telah dimulai awal tahun hingga tahapan Musrenbang Kecamatan dan Forum Perangkat Daerah. Vicon meeting solusi kita dalam koordinasi menjalankan pemerintahan,” ujar Walikota GSVL membuka rapat.

rapay ini menghasilkan beberapa rumusan program dan kegiatan pembangunan di tahun 2021, dengan memperhatikan dan memperhitungkan perkembangan dampak Covid-19 baik dalam skala Nasional, Provinsi, maupun Kota Manado.

Musrenbang secara online yang dilaksanakan Bapelitbangda Kota Manado ini berlangsung hampir 5 jam. Dihadiri 98 partisipan, difasilitasi Cerdas Command Center (C3) di bawah kendali Kepala Dinas Kominfo Erwin Kontu, dan dimoderatori Asisten III bidang Administrasi Umum Peter KB Assa.(DONWU)

Baca Juga:  Pemkot Manado kirimkan bantuan tahap II ke Palu dan Donggala
  • Bagikan