Gandeng pelajar, Dispar Manado sosialisasi sadar wisata untuk peningkatan SDM di lingkungan pendidikan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Kapasitas Kepariwisataan Dispar Kota Manado Steven Runtuwene didampingi pemateri, di sela kegitan sosialisasi sadar wisata.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Geliat pariwisata terus dikembangkan Pemerintah Kota Manado, sebagaimana visi dan misi Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE. Berbagai kegiatan pun dilalukan untuk mendukung program tersebut, apalagi menatap visi Manado Kota Cerdas 2021.

Pengelolaan pariwisata tidak lengkap tanpa dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Salah satu cara yang dilakukan Pemkot Manado melalui Dinas Pariwisata (Dispar) yakni menggelar sosialisasi sadar wisata untuk peningkatan sumber daya mnusia (SDM) di lingkungan pendidikan.

Kegiatan digelar Jumat (20/9/2019) siang ini di salah satu hotel di Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang, yang diikuti sejumlah pelajar dari kampus dan sekolah yang berkaitan dengan kepariwisataan.

Narasumber yang dihadirkan yakni DR Drevy Malalantang SSi SE MPd dengan materi peran kelompok sadar wisata dalam pengembangan destinasi pariwisata, DR Ir Ping Astony Angmalisang MSc dengan materi sadar wisata bagi generasi milenial, dan Drs Fendy Parengkuan dengan materi sadar wisata dan sapta pesona demi pengembangan pariwisata Kota Manado.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.04/UM.001/MKP/2008, sadar wisata adalah suatu kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu destinasi atau wilayah.

Sadar wisata bertujuan untuk meningkatkan pemahaman segenap komponen masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya pariwisata serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat; serta menggerakkan dan menumbuhkan motivasi, kemampuan dan kesempatan bagi masyarakat sebagai wisatawan untuk mengenali dan mencintai tanah air.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dispar Kota Manado Dra Neivi Lenda Pelealu MSi yang diwakili Sekretaris Dispar Manado Ferry Woy.

“Kami sengaja menghadirkan pelajar khususnya pelajar sekolah kepariwisataan sebagai peserta, karena mereka menjadi garda terdepan dalam dunia kepariwisataan, baik dalam mensosialisasikan maupun mengajak masyarakat agar sadar wisata,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Kapasitas Kepariwisataan Dispar Kota Manado, Steven Runtuwene SSos.(DONWU) 

 

Baca Juga:  Irup Hari Guru 2019, Walikota GSVL: Pemkot Manado sambut harapan baru Menteri Nadiem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.