Indo Barometer rilis survei Manado, JPAR-Ai menang 39,5 persen

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Prof Dr Julyeta Paulina Amelia Rutuwene MS dan Dr Harley Alfredo Benfica Mangindaan SE MSM dalam deklarasi, Sabtu 905/09/2020) siang.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado tahun 2020 tinggal seminggu. Konstelasi politik pun berjalan dinamis.

Seiring dengan euforia pesta demokrasi tersebut, Indo Barometer (IB) merilis hasil survei Rabu (02/12/2020) Pukul 16.00 Wita (jam 4 sore), yang mereka lakukan selang 22-28 November 2020.

Survei dirilis Direktur Eksekutif Muhammad Qodari melalui Manajer Riset Hadi Suprapto Rusli dari Jakarta yang dilakukan via zoom.

Hasilnya, pasangan Nomor Urut 4 Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS dan Dr Harley AB Mangindaan SE MSM (JPAR-Ai) menang dengan elektabilitas 39,5 persen.

Sementara paslon peringkat kedua 27,3 persen, peringkat ketiga 20,3 persen, dan peringkat terakhir 8,0 persen.

Kemudian yang pemilih yang masih merahasiakan pilihan sebesar 2,5 persen, belum memutuskan pilihan 2,3 persen, kemudian tidak tahu 0,3 persen.

Jika melihat selisih antara paslon JPAR-Ai dengan peringkat kedua, sebesar 12,2 persen.

Berikut hasilnya:

Hadi menerangkan, ada beberapa content yang menjadi alasan masyarakat Kota Manado menyukai pasangan calon dengan jargon PAHAM (Paula-Harley Menang), yakni merakyat, cerdas, mempunyai visi dan misi yang bagus, mampu memimpin, mampu membawa Kota Manado lebih baik, dan berjiwa sosial.

“Selisih 12,2 persen itu tidak sedikit. Jadi kalau calon lain ingin mengejar, biasanya agak sulit, apalagi swing voters kecil,” tukas Hadi.

Diketahui, Indo Barometer merupakan salah satu lembaga survei kredibel di Indonesia. Terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dan juga sudah terdaftar sebagai lembaga resmi yang bisa merilis hasil survei di KPU Kota Manado dengan sertifikat terdaftar yang ditandatangani Ketua KPU Kota Manado Jusuf Wowor.(DONWU)

Baca Juga:  Calon Walikota SSK bantah bahas kisruh APBD