ODSK dinilai lebih diuntungkan, ini analisa Stefanus Sampe

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Pemerhati politik, Stefanus Sampe.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Geliat politik jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) makin seru. Klam-mengklaim kemenangan sudah ditunjukkan para kandidat dan pendukungnya, termasuk pertarungan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Dari analisa dosen FISIP dan dosen Pascasarjana Unsrat yang juga pemerhati politik, Stefanus Sampe PhD, khusus Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODKS) dinilainya punya keunggulan tersendiri.

“Petahana lebih diuntungkan dalam pandemi, apalagi SK (Surat Keputusan) dari PDI Perjuangan sudah lebih dulu dikeluarkan dibandingkan partai lain. Sehingga lebih bisa lebih dulu membentuk barisan untuk sosialisasi sampai ke akar rumput,” ujarnya, Rabu (29/07/2020) siang.

Apalagi, lanjut jebolan S3 Pemerintahan University of Canberra Australia, keunggulan ODSK juga karena situasi pandemi Covid-19.

“Masa pandemi seperti ini sangat sukar untuk sosialisasi tatap muka, sehingga sosialisasi medsos sangat penting. Dan itu sudah dimainkan sejak awal,” kata Stefanus.

Keunggulan lain, kata dia, tidak masukknya Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dalam kontestasi Pilkada Sulut, menjadi kemudahan bagi ODSK.

“Petahana lebih kuat posisinya dalam pilkada ini. Walaupun tidak dipungkiri bahwa Tetty Paruntu dan Sehan Landjar juga adalah ‘kuda hitam’ dalam pertarungan ini,” tukas Stefanus.(FANNY)

Baca Juga:  Didoakan suster Biara, Ivan Lumentut tambah energi menghadapi Pileg 2019