Pelayanan online Dukcapil di tengah pandemi, Sangian: Supaya tidak terjadi pungli

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kepala Dinas Dukcapil Mitra, Elly Sangian.

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Di tengah situasi pandemi virus corona atau Covid-19 hingga saat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), terus melayani masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pelayanan ke masyarakat tetap jalan terus dengan mengikuti protap yang ada. Karena, sesuai anjuran pemerintah, kita harus jaga jarak (Social Distancing) guna mencegah penyebaran virus corona,” kata Kepala Dinas Dukcapil Mitra, Elly Sangian, Jumat (22/05/2020).

Ia mengatakan, semua pengurusan berkas baik KTP, KK, Akte serta lainnya bisa secara online. Menurutnya, dalam melayani warga, jajarannya bekerja sesuai shift yang telah dijadwalkan mengikuti protokol Covid-19.

“Jadi, warga tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke dinas. Bisa melalui pemerintah desa setempat, asal sudah sesuai atau telah ter-input dalam data base. Nanti, tinggal dicetak di kantor kemudian utusan pemdes yang jemput. Langkah ini juga sangat perlu diterapkan supaya tidak terjadi pungutan liar (pungli),” terangnya.

Sangian menambahkan, bagi warga yang memiliki fasilitas seperti laptop dan printer, bisa mencetak sendiri berkasnya sesuai keperluan.

“Intinya, selama hari kerja, apa saja tetap kami layani selama ikuti protap yang ada,” tukasnya.(HENGLY)

Baca Juga:  Keras! Ini pesan Ferry Liando kepada 5 kepala daerah yang baru dilantik