Perkuat kapasitas kehumasan, KPU Sulut gelar rakor dengan KPU Kabupaten/Kota

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MANADO, BERITASULUT.co.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara (KPU Sulut) mengadakan Rapat Koordinasi Kehumasan dengan KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara Rabu (24/06/2020) kemarin.

Rakor ini adalah untuk memperkuat kapasitas kehumasan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, khususnya dalam hal diseminasi informasi melalui platform media social terutama untuk mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lanjutan Tahun 2020.

Ardiles Mewoh ketua KPU Sulut dalam sambutannya ketika membuka acara mengingatkan kembali akan pentingnya peran kehumasan untuk ikut serta mensukseskan pemilihan lanjutan Tahun 2020.

“Humas memiliki peran penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilihan Tahun 2020 ini, apalagi dalam kondisi new normal sekarang, tentunya dibutuhkan inovasi dari penyelenggara pemilihan supaya informasi dapat tersampaikan dengan cepat, benar serta menarik sehingga dapat memunculkan kepercayaan publik terhadap penyelenggara,” ujarnya.

Pada Kesempatan yang sama Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Sulawesi Utara, Yessy Momongan, mengharapkan para Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten/Kota serta personil sekretariat yang membidangi kehumasan untuk selalu mengupdate informasi dengan menggunakan media social yang dikelola masing-masing, juga Momongan mengingatkan agar harus selektif dalam menyebarluaskan informasi sehingga tidak membingungkan masyarakat.

Lanny Ointu, Ketua Divisi Program Data KPU Provinsi Sulawesi Utara saat memberikan pengarahan mendorong KPU Kabupaten/Kota untuk bagaimana menjangkau Pemilih se-Sulawesi Utara dengan sentuhan Teknologi Informasi.

‚ÄúTantangan kita adalah pada bagaimana supaya humas memberi ruang seluas-luasnya kepada pemilih untuk mengakses informasi kepemiluan,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Salman Saelangi, bahwa dalam kondisi saat ini kinerja kehumasan mau tidak mau harus beradaptasi dengan lingkungan.

Baca Juga:  Imbas wabah Covid-19, Bawaslu Minsel rumahkan 347 Panwaslu Kecamatan, Desa/Kelurahan

“Komisoner KPU Kabupaten/Kota harus mengawal bahkan terlibat secara langsung dalam kegiatan kehumasan terutama harus menguasai Teknologi Informasi,” ujar Salman yang membidangi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat.

Ditambahkannya bahwa diperlukan upaya dalam mengoptimalkan media sosial yang dikelola antara lain dengan memaksimalkan peralatan dan SDM yang dimiliki oleh KPU Kabupaten/Kota saat ini.

Rangkaian acara rakor humas ini juga menghadirkan narasumber yang menyampaikan materi dengan topik penggunaan Teknologi Informasi Komputer (TIK) dalam sosialisasi online/media sosial (teori dan smulasi).

Rakor yang dilaksanakan secara virtual/online ini diikuti Ketua Divisi SDM dan Parmas, Kasubag teknis dan Hupmas serta operator IT KPU Kabupaten/Kota. (TOAR)