Pilgub Sulut, ratusan pemilih di Kelurahan Wawali Ratahan mulai mencoblos

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Simulasi pelaksanaan pemungutan suara di TPS

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Ratusan masyarakat wajib pilih di Kelurahan Wawali, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Jumat (20/11/2020) mulai mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disiapkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat dalam rangka menyalurkan hak pilih mereka.

Padahal penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan surat suara belum pada tahapannya, karena seperti yang diketahui jadwal atau hari pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) akan digelar secara serentak pada Rabu 9 Desember 2020 nanti.

Usut punya usut, ternyata penyelenggaraan pilkada diluar jadwal tersebut adalah gelaran simulasi pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Jadi ini adalah simulasi pemungutan suara yang juga bagian dari memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa pelaksanaannya nanti bakal mengutamakan penanganan covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat. Untuk itu kami berharap, dengan simulasi yang bisa dilihat atau ditonton ini, masyarakat bisa lebih yakin bahwa pelaksanaan nanti tidak mengancam warga wajib pilih untuk datang ke TPS,” ungkap Ketua KPU Mitra, Wolter Dotulong.

Selain itu, menurut Dotulong fungsi simulasi ini salah satunya juga agar pihaknya bisa mengevaluasi hal-hal apa saja yang masih kurang pada hari H nanti sehingga bisa diantisipasi sejak dini.

“Dalam pelaksanaan simulasi ini, kami yakin rasa nyaman yang diberikan kepada masyarakat sudah sangat tinggi, terutama lewat penanganan covid-19 yang ada,” tukas Dotulong.

Ia pun mengajak partisipasi seluruh masyarakat Mitra untuk sukseskan Pilgub Sulut pada 9 Desember 2020 mendatang. “Jangan takut datang ke TPS. Mari kita sama-sama sukseskan Pilgub Sulut pada 9 Desember 2020. Suara Anda akan menentukan nasib daerah lima tahun kedepan,” ajak Dotulong. (HENGLY)

Baca Juga:  Ketua DPRD Marty Ole menyayangkan kinerja Direksi PD Pasar Mitra