Pnt GSVL: Bersinergi, bukan saling memanfaatkan karena kepentingan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ketua Komisi Pelayanan PKB Sinode GMIM, Pnt GS Vicky Lumentut, memimpin ibadah perdana PKB GMlM Wilayah Malabar, Minggu (07/02/2021) sore.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Ketua Komisi Pelayanan Pria Kaum Bapa (PKB) Sinode GMIM, Pnt Dr GS Vicky Lumentut (GSVL), menegaskan kembali soal sinergitas antara lembaga pemerintah dan lembaga gereja adalah ajaran Alkitab.

Demikian dikatakannya dalam khotbah saat memimpin ibadah perdana PKB GMlM Wilayah Manado Malalayang Barat (Malabar) yang digelar di GMlM Betlehem Malalayang Dua, Minggu (07/02/2021) sore.

“Belajar dari Firman Tuhan hari ini, bahwa lembaga pemerintah dan lembaga gereja berasal dan dibentuk oleh TUHAN. Dan pernyataan Yesus Kristus sebelum naik ke sorga bahwa ‘kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi’. Dengan pernyataan ini sudah seharusnya pemerintah dan gereja tunduk dan taat pada Tuhan,” ujar Pnt GSVL.

Walikota Manado ini menekankan kembali, tujuan sinergi pemerintah dan gereja dalam konteks ini adalah untuk kesejahteraan umat secara jasmani dan rohani, dinyatakan oleh Raja Arthasasta kepada lmam Ezra, dan oleh lmam Ezra dengan Nehemia. Dalam ketulusan tampa imbalan untuk pribadi, kelompok atau bangsa.

“Imam Ezra disayang dan dipakai Tuhan, dan juga disenangi oleh Raja Arthasasta dan penasehat raja. Karena satu kuncinya yakni lmam Ezra meniliti tentang taurat Tuhan, melakukan taurat Tuhan dan mengajarkannya kepada orang lsrael,” ucap Pnt GSVL.

Ia pun berpesan kepada warga GMIM, khususnya PKB, agar terus mendoakan pemerintah dan gereja agar betul-betul bersinergi untuk tujuan kesejahteraan rohani dan jasmani umat secara keseluruhan, bukan saling memanfaatkan karena kepentingan.

“Saya juga mengajak agar maroi torang sama-sama membantu warga yang terdampak bencana dengan motivasi bahwa pemerintah dan gereja adalah hamba-hamba Tuhan, jauhkan dari usaha saling menjelekkan,” pesan Pnt GSVL.

Baca Juga:  Buka Sidang Sinode KGMPI, ini pesan Walikota GSVL kepada jemaat

Tak lupa ia mengajak umat Tuhan untuk meneladani Imam Ezra, dengan cara mengambil waktu untuk berdoa, rajin teliti/baca Alkitab, melakukan apa yang dibaca dan diajarkan kepada anak, cucu dan orang lain, supaya Tuhan senang kepada umatNya.

“Selamat melayani kawan-kawan PKB GMlM di tahun 2021 ini, Tuhan memberkati. Salam sehat,” ajak Pnt GSVL.(DONWU)