Surya Paloh kembali tegaskan tidak akan nyapres tahun 2024

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (SP) kembali menegaskan keengganannya untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres tahun 2024 mendatang. Sebaliknya, dia membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi capres.

“Saya tahu saya sudah melihat otot-otot saya tidak lagi sekuat dulu. Saya sudah tidak bisa bekerja dengan aturan-aturan, katakanlah agenda protokoler. Itu akan membuat saya jenuh,” kata Surya saat ditanya tentang keinginannya untuk maju menjadi calon presiden, pada program Spesial Interview Berita Satu, di DPP Partai NasDem, Jakarta, Jumat (15/11/2019), dilansir dari partainasdem.id.

Surya menungkapkan banyak potensi yang lebih besar untuk kandidat capres di tahun 2024. Oleh karena itu dia membuka dan percaya kepada siapa pun yang terbaik.

“Saya tahu banyak orang yang lebih pantas dari saya ini. Ketika saya ingin berbicara ini sesungguhnya terimalah kejujuran dan keikhlasan saya. Siapapun yang lebih baik bisa jadi pemimpin bangsa ini. Karena saya semakin menua. Saya tahu itu hukum alam yang terjadi pada kelincahan saya yang tidak sama seperti dulu,” tutur Surya.

Tentang kandidat capres tahun 2024, Surya mengingatkan agar jangan dipersempit hanya soal di tahun 2024, tetapi juga di tahun-tahun selanjutnya.

Sejumlah nama disebut akan dicalonkan Nasdem di Pilpres 2024 mendatang. Ada nama Gunernur DKI Jakarta Anis Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, serta sederet nama lainnya.

“Jadi siapa yang layak di tahun 2024 saya pikir siapapun layak. Kita sudah bicarakan tentang tahun 2024 tapi bagaimana tahun-tahun selanjutnya,” katanya.

Baca Juga:  “826 pasutri bercerai akibat pilkada langsung”

Sebelumnya, saat pidato penutupan Kongres II Partai NasDem di Jakarta, Senin (11/11/2019) lalu, Surya juga menegaskan ketidaksediaannya menjadi capres 2024.

“Kalau 20 tahun lalu, mungkin saya siap (jadi calon presiden). Sekarang tidak,” ungkap Surya di hadapan Presiden Joko Widodo, Wapres Maaruf Amin, serta sejumlah tokoh politik yang hadir, saat menanggapi sejumlah daerah yang memintanya menjadi calon presiden pada 2024.

Kongres NasDem merekomendasikan dilakukan konvensi calon presiden dua tahun sebelum 2024 untuk mencari capres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Itu artinya Nasdem akan mulai menggelar konvensi capres tahun 2022 mendatang.(DONWU)