Tulude rutin digelar Pemkot Manado, Ketua IKISST Sulut: Terima kasih GSVL-Mor

Arak-arakan prosesi ada Tulude di Kota Manado, Rabu (05/02/2020), diikuti Walikota GS Vicky Lumentut bersama isteri, Wakil Walikota Mor D Bastiaan bersama isteri, serta jajaran IKISST Sulut.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Upacara adat Tulude sudah menjadi agenda pariwisata Kota Manado, dan sudah rutin digelar pemerintah kota. Kegiatan serupa juga digelar Rabu (05/02/2020) di lapangan Sparta Tikala.

Ketua Ikatan Kekeluargaan Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Provinsi Sulawesi Utara Prof DR Orbanus Naharia MSi, atas nama warga Nusa Utara menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Manado di bawah pimpinan Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE, yang telah memasukan gelaran budaya adat Tulude sebagai agenda rutin yang dilaksanakan Pemkot Manado.

“Ini menjadi kebanggaan kami warga Manado asal Nusa Utara, dimana adat dan budaya kami mendapat tempat yang layak dan baik dari pemimpin kita, sehingga telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah kota,” ujar Naharia.

Diketahui, kegiatan ini sukses digelar. Dimana prosesi acara ditandai dengan dibawanya kue Tamo yang diarak mulai dari Gereja GMIM Sentrum Manado melewati pusat kota, terus ke jalan Sudirman sampai di lapangan Sparta Tikala.

Selama arak-arakan kue Tamo masyarakat begitu antusias melihat kue Tamo dibawah oleh tim adat, dikawal dengan pasukan Paskibra, grup masamper, tarian adat serta marching band Satpol PP Kota Manado.

Rangkaian kegiatan upacara adat Tulude ini dihadiri langsung Walikota GSVL, Wawali Mor, Ketua TPPKK Prof Ir Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS DEA, Wakil Ketua TP-PKK Imelda Bastiaan-Markus SE, Forkompimda Kota Manado, jajaran pejabat Pemkot Manado, tokoh agama, tokoh masyarakat asal Nusa Utara, serta ribuan warga.(DONWU)

Baca Juga:  Diundang buka Rakerda 1, GSVL berbaur dengan jemaat GSJA Sulut