Walikota GSVL hadiri pembukaan dan penutupan Gladi Posko I TNI dalam rangka penanggulangan Covid-19

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Walikota Manado GS Vicky Lumentut foto bersama usai melihat langsung pembukaan latihan Gladi Posko l yang diselenggarakan Kodim 1309, Selasa (28/07/2020) lalu.

LATIHAN Gladi Posko l TNI dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 di Kota Manado sukses digelar selama tiga hari, yakni mulai Selasa (28/07/2020) dan berakhir Kamis (30/07/2020) kemarin.

Baik pembukaan hingga penutupan kegiatan yang digelar di Makodim 1309 Manado, Jln Sam Ratulangi, Kelurahan Winangun II, Kecamatan Malalayang, dihadiri langsung Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL).

Giat ini diikuti oleh Komandan dan staf Kodim 1309 Manado beserta unsur-unsur perkuatan pemerintah daerah, mengusung tema “Kodim 1309/Manado Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menanggulangi Pandemi COVID-19 di Wilayah”.

GSVL: Kehadiran TNI sangat membantu mengedukasi masyarakat

Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Meyer Putong bersama Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli SIK.

Saat pembukaan kegiatan, Walikota GSVL yang turut hadir saat latihan berlangsung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kodam XIII Merdeka, Korem 131 Santiago dan terutama Kodim 1309/Manado yang memberikan dukungan kepada pemerintah dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Manado.

“Hari ini Manado kembali kepada zona merah, zona dengan risiko yang tinggi. Ini memerlukan dukungan dari berbagai elemen dalam rangka menekan penularan ini. Kehadiran TNI bagi saya sangat membantu utamanya mengedukasi masyarakat,” ujar Walikota GSVL saat itu.

Walikota GS Vicky Lumentut saat membawakan materi terkait percepatan penangan Covid-19 di Kota Manado.

Mengedukasi yang dimaksud, yaitu untuk menjadikan masyarakat Manado taat dan disiplin khususnya untuk memberlakukan protokol kesehatan.

Apalagi, di Manado tingkat kewaspadaan masih terbilang kurang padahal pemerintah sejak awal sudah sangat aktif mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Bagi saya, ini sangat memberikan manfaat yang besar untuk upaya kita dalam melaksanakan penanganan percepatan pengurangan Covid-19 di Manado bahkan di Provinsi Sulawesi Utara secara umum,” kata Walikota GSVL.

Walikota GSVL berikan materi percepatan penangan Covid-19

Walikota GS Vicky Lumentut saat membawakan materi terkait percepatan penangan Covid-19 di Kota Manado.

Dan saat penutupan acara yang digelar di Makodim Kamis (30/07/2020) sore, Walikota GSVL tampil membawakan materi terkait percepatan penangan Covid-19 di kota Manado.

Kesempatan tersebut, Walikota GSVL mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada banyak usaha dan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Manado dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, seperti berani melakukan pemeriksaan bagi warga Manado ada penanganan secara medis pun cepat diberikan.

Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Meyer Putong saat menutup kegiatan, didampingi Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli SIK, dan Dandim 1309 Manado Letkol YR Raja Sulung Purba.

Ia pun berharap, kasus Covid-19 di Kota Manado makin berkurang ditandai dengan makin disiplinnya masyarakat dengan penyesuaian-penyesuaian di era normal baru.

“Terima kasih kepada jajaran TNI-Polri yang senantiasa mendukung kami dalam upaya penanganan Covid-19. Tantangan kita bagaimana mengedukasi masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Walikota Manado dua periode pilihan rakyat ini.

Giat latihan Gladi Posko I sehubungan dengan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangan pandemi Covid-19 di wilayah ini ditutup secara resmi oleh Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Meyer Putong.

Hadir juga Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli SIK, dan sejumlah pejabat Pemkot Manado antara lain Kasat Pol-PP Johanes Waworuntu, Kalak BPBD Donald Sambuaga, dan Kabag Pemhumas Sonny Takumansang.

“Terima kasih kepada Walikota dan jajaran, dan kita akan terus bekerjasama dalam penanganan Covid-19 ini,” ucap Dandim 1309 Manado, Letkol YR Raja Sulung Purba.(LIPSUS)