Warga Kecamatan Singkil respon positif pengadaan Bank Sampah

Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Manado saat melaunching Bank Sampah di Kecamatan Singkil.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado, Imelda Bastiaan-Markus SE, melaunching Bank Sampah yang diawali berlokasi di Kecamatan Singkil, Senin (22/01/2018). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkot Manado, Masyarakat Peduli Sampah Kota Manado, BNI dan BPJS yang nantinya memanfaatkan Bank Sampah online “SMASH” yang dikelola Tim Bank Sampah.

Kegiatan launching yang juga dihadiri Ketua TP-PKK Kota Manado Prof DR Julyeta Lumentut-Runtuwene MS DEA ini mendapat respon positif dari warga, khususnya para ibu rumah tangga.

“Tujuan diadakannya Bank Sampah ini memberikan manfaat yang begitu masyarakat bagi masyarakat Kota Manado, terlebih dalam hal ekonomi. Karena itu saya mengajak para ibu rumah tangga menjadi penggerak Bank Sampah di tingkat rumah tangga,” ujar Runtuwene.

Dikatakannya, peran satu rumah tangga tidak akan memberi pengaruh besar, namun bila seluruh rumah tangga di Kota Manado ini bergandeng tangan menerapkan prinsip 3R, maka pengelolaan sampah di Kota Manado pasti berhasil.

“Mari kita mulai dari rumah kita sendiri, memilah sampah dan membawa ke bank sampah. Tindakan ini sudah bisa mengurangi 20% timbulan sampah kota, terutama bisa mengubah sampah menjadi uang dan sampah plastik tidak terapung di sungai sampai ke Bunaken,” tandas Runtuwene.(*/DONWU)