Paling lambat 20 Oktober 2018, Manado sudah punya Sekda definitif

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Tahapan pemilihan Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado melalui seleksi terbuka terus dilakukan Panitia Seleksi (Pansel). Dan, setelah melalui proses, maka tiba saatnya Timsel mengumumkan Calon Sekda yang memenuhi syarat administrasi.
Dari keterangan juru bicara Pansel, Drs Arnold Kewas, sejak seleksi terbuka dibuka pada 23 Agustus 2018 lalu, setidaknya ada enam pejabat yang mendaftar, dimana ada lima dari Pemkot Manado dan satu lagi dari Pemkab Minut. “Namanya juga seleksi terbuka, jadi siapa saja pejabat yang ada di Sulawesi Utara ini bisa ikut mendaftar,” ujar Kewas dalam konferensi pers di Ruang Rapat Bapelitbangda, Kantor Walikota Manado, Jl Balaikota Tikala, Rabu 12 September 2018 sore.
Adapun enam pejabat yang mendaftar calon Sekda Kota Manado, yakni Peter KB Assa ST MSc DEA (Kepala Dinas PUPR sekaligus Penjabat Sekda Kota Manado), Micler Lakat SH MH (Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra), Xaverius Runtuwene SIP (Kepala Satpol PP), Drs Musa Hans Tinangon MSc (Kepala Inspektorat), Ir Philips Sondakh (Kepala Dinas Pangan), dan Dra Femmy Pangkerego MPd ME (Pejabat Pemkab Minut).
“Mereka semua yang mendaftar ini tentunya syarat utama sudah mengikuti Diklat Pim (Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan) II. Karena kalau belum ikut Diklat Pim II otomatis gugur,” ujar Kewas.
Setelah dilakukan seleksi administrasi, satu orang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) yakni Hans Tinangon. “Dari sekian persyaratan yang administrasi, beliau tidak memasukkan dua persyaratan administrasi yang diminta. Karena tidak lengkap berkas, maka dinyatakan TMS,” ungkap Kewas.
Dengan demikian, hanya ada lima calon yang akan mengikuti seleksi selanjutnya. “Besok tanggal 13 September, kelima calon ini sudah masuk tahapan assessment di kantor BKN Regional XI Sulut,” ujarnya.
Usai assessment masoh ada lagi tahapan selanjutnya, yang nantinya akan mengerucut ke tiga besar Calon Sekda Kota Manado.
“Nah, tiga besar ini akan direkomendasikan ke KASN, dan kemudian KASN merekomendasikan ke Walikota untuk memutuskan satu nama. Dalam tahapan Pansel, paling lambat 20 Oktober 2018 sudah ada Sekda Manado definitif,” tukas Kewas.
Konferensi pers digelar usai Pansel menggelar rapat, yang diikuti para Pansel yang terdiri dari Ketua merangkap Anggota Prof DR Treesje Londa MSi, Sekretaris merangkap Anggota DR Femmy Suluh MSi (Kepala BKD Sulut), dan para Anggota yakni Drs Arnold Kewas, DR Henry Runtuwene STh, MSi, DR Ferry Liando SIP MSi, DR Tommy Sumakul SH MH, dan Roy Lengkong STh.
Didampingi Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Manado Berty Tulung SSos, Kabid Mutasi dan Promosi BKPP Manado Otniel Tewal SS MM, dan Kabag Pemerintahan dan Humas Steven Rutuwene SSos.(DONWU)
Exit mobile version