Pemkot Manado kirimkan bantuan tahap II ke Palu dan Donggala

Bantuan Pemkot Manado diharapkan bisa meringankan beban masyarakat Palu dan Donggala.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Bencana gempa bumi disertai gelombang tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulteng, Jumat akhir pekan lalu, mengundang keprihatinan dan empati yang mendalam warga Kota Manado termasuk Pemkot Manado.

Tak pelak, sejumlah bantuan berupa sembako dan keperluan rumah tangga lainnya mulai dikirimkan Pemkot Manado ke Kota Palu dan Donggala. Tak hanya itu secara spontan dan sukarela para pimpinan Perangkat Daerah ramai-ramai mengumpulkan dana untuk disumbangkan bagi korban bencana Palu dan Donggala. Aksi tersebut dimonitori Penjabat Sekda Kota Manado Peter KB Assa ST MSc PhD.

Menurutnya, aksi spontanitas tersebut dilakukan untuk meringankan beban masyarakat Palu dan Donggala. Dimana, sumbangan yang terkumpul akan disalurkan bersama bantuan tahap kedua dari Pemkot Manado. Karena, sebelumnya Pemkot Manado melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memberikan bantuan bagi korban bencana Palu dan Donggala.

“Kita ingin meringankan beban saudara-saudara kita yang mengalami bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Ini adalah aksi spontanitas para pejabat di lingkup Pemkot Manado. Jika sudah terkumpul semua, sumbangan ini akan diteruskan kepada masyarakat Palu dan Donggala bersama dengan bantuan pemerintah Kota Manado melalui BPBD Manado,” jelas Sekda Assa, Minggu 30 September 2018 sore.

Sementara itu, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menyatakan keprihatinan dan dukacita yang mendalam atas musibah bencana gempa bumi dan tsunami yang dialami masyarakat Palu dan Donggala. Terlebih khusus warga kawanua Manado, yang diketahui banyak juga berdomisili di Kota Palu dan Donggala.

Untuk itu, kita juga turut mendoakan agar keluarga ditinggalkan diberi ketabahan dan warga kawanua lainnya yang selamat di beri pertolongan dan kesehatan. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado, kami menyatakan keprihatinan dan dukacita yang mendalam terhadap korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Kepada keluarga yang kehilangan anggota keluarganya, semoga diberikan ketabahan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Walikota juga telah perintahkan BPBD Manado untuk segera mengirimkan bantuan untuk rakyat Palu dan Donggala. “Mari kita turut Doakan warga kawanua Manado yang tertimpa musibah, untuk diberi ketabahan dan kekuatan menerima cobaan tersebut,” tandas orang nomor satu di Manado itu.

Seperti diketahui, gempa dengan kekuatan magnitudo 7,7 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala dan magnitude 5,9 skala richter memporakporandakan Kota Palu, pada Jumat 28 September 2018 lalu. Beberapa saat setelah gempa, menyusul gelombang tsunami yang menghancurkan bangunan serta merenggut korban jiwa ratusan orang.(DONWU)

Exit mobile version