Pasiar pengucapan Bitung, Wawali Manado saksikan proses ‘bedah’ ikan

Wawali Manado Mor Bastiaan menyaksikan langsung proses ‘bedah’ ikan di kediaman Walikota Bitung Max Lomban,(foto: garykembau-ist)

BITUNG, BERITASULUT.CO.ID – Minggu 07 Oktober 2018 hari ini, menjadi hari yang penuh sukacita bagi masyarakat Kota Bitung. Hari ini menjadi Hari Bersyukur Kota Bitung atau dikenal dengan pengucapan syukur, sebagai bagian dari iven pariwisata Pesona Selat Lembeh (PSL) 2018 dan menyambut HUT ke-28 Kota Bitung pada 10 Oktober 2018.

Masyarakat dari berbagai daerah di Sulawesi Utara berbondong-bondong ‘pasiar’ atau mengunjungi Kota Bitung, tak terkecuali Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE yang memenuhi undangan Pemkot Bitung. Ditemani istri Imelda Markus, Wawali Mor ‘pasiar’ ke kediaman para top eksekutif Bitung, masing-masing Walikota Max Lomban, Wakil Walikota Maurits Mantiri, dan Sekda Audy Pangemanan.

Yang berbeda dari pengucapan Kota Bitung, jika daerah lain di Sulut menyugukan daging sebagai menu utama dalam pengucapan, maka di pengucapan Kota Bitung ikan adalah menu utama yang disajikan dalam berbagai aneka masakan.

Tak heran jika di kediaman Walikota Lomban, Wawali Mor diajak menyaksikan langsung proses ‘bedah’ ikan, yang kemudian diolah menjadi beragam menu, salah satunya makanan yang kini menjadi ciri khas Kota Bitung, yakni sasimi.

Nampak Wawali Mor ikut mengabadikan proses ‘pembedahan’ ikan berukuran besar tersebut. “Pengucapan Kota Bitung benar-benar menyajikan apa yang dihasilkan kota ini, dimana menu ikan menjadi menu utama,” ujar Wawali Mor.

Tak hanya itu, Nasi Jaha yang menjadi andalan setiap pengucapan juga disajikan namun sudah dipadukan dengan ikan dengan nama Nasi Jaha Tuna. Tak hanya itu, oleh-oleh saat pengucapan yakni Dodol, di pengucapan Kota Bitung diganti dengan ikan kaleng yang notabene adalah industeri Kota Bitung.

Selain berkunjung ke kediaman top eksekutif Bitung, Wawali Mor bersama istri dan rombongan juga menyempatkan diri ‘pasiar’ di kediaman Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Manado, Johnly Tamaka. Wawali Mor langsung disambut hangat oleh Ota -sapaan akrab Tamaka- bersama istri Yulita Takalamingan, yang tak lain Wakil Ketua DPRD Kota Bitung.(DONWU)
,

Exit mobile version