Thanksgiving Bitung, Kepala BPKAD Manado dan Wakil Ketua DPRD Bitung jamu ratusan tamu

Kepala BPKAD Manado Johnly Tamaka bersama istri, saat menjamu Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan bersama istri.(foto: garykembau-ist)
BITUNG, BERITASULUT.CO.ID – Hari ini, Minggu 07 Oktober 2018, menjadi hari yang penuh sukacita bagi masyarakat Kota Bitung. Hari ini menjadi Hari Bersyukur Kota Bitung atau dikenal dengan Pengucapan Syukur atau Thanksgiving, sebagai bagian dari iven pariwisata Pesona Selat Lembeh (PSL) 2018 dan menyambut HUT ke-28 Kota Bitung pada 10 Oktober 2018.
Masyarakat dari berbagai daerah di Sulawesi Utara berbondong-bondong ‘pasiar’ atau mengunjungi Kota Bitung. Sebaliknya, masyarakat Kota Bitung yang menjadi tuan rumah, menyambut para tamu yang berkunjung. 
Salah satunya dilakukan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Manado, Johnly Tamaka. Birokrat Pemkot Manado yang akrab disapa Ota ini, bersama istri Yulita Takalamingan, yang tak lain Wakil Ketua DPRD Kota Bitung, sejak siang hingga malam sibuk menjamu ratusan tamu yang datang bergantian. 
Paling banyak yang berkunjung adalah pegawai dari berbagai instansi Pemkot Manado. Beragam menu makanan disajikan di kediamannya. Namun sebagian besar adalah menu ikan laut yang diolah menjadi berbagai jenis makanan. 
Seperti diketahui, Bitung memang dikenal sebagai kota industri perikanan. Ikan cakalang dan tuna akan menjadi bahan makanan utama dalam perayaan Thanksgiving.
“Terima kasih sudah datang berkunjung. Semoga tahun-tahun berikutnya, kegiatan seperti ini tetap akan dilakukan di Bitung, dan menjadi agenda tetap pemerintah,” ujar Kaban Ota.
Diketahui, Thanksgiving Bitung dahulu dilakukan di gereja-gereja sebagai bentuk syukur kepada Tuhan. Namun saat ini, Thanksgiving sudah melebur menjadi tradisi dan budaya dalam masyarakat Bitung yang terdiri dari beberapa etnis dan agama. Pemerintah menyatukan semua, menjadi tradisi semua agama.
Di acara Thanksgiving ini, masyarakat berkumpul dan memakan kuliner khas daerah tersebut. Tamu bisa menemukan tuna roll, sashimi tuna, bahkan nasi jaha isi tuna. Nasi jaha sendiri adalah nasi yang dimasak menggunakan bambu.(DONWU)
.
Exit mobile version