Kembali ke Sulut, yang satu jabat Kapolda Sulut dan satunya Kapolresta Manado

Irjen Pol Remigius Sigit Tri Hardjanto dan Kombes Pol Benny Bawensel.

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID – Kapolri Jenderal Pol Drs HM Tito Karnavian MA PhD kembali melakukan mutasi sejumlah pejabatnya. Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3185/XII/KEP/2018 tertanggal 21 Desember 2018. Surat Telegram itu ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri.

Ddan dari mutasi tersebut, ada jabatan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) dan Kapolresta Manado. Irjen Pol Drs Bambang Waskito kini diangkat menjadi Kasespim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Adapun posisi Kapolda Sulut akan dijabat Irjen Pol DR Remigius Sigit Tri Hardjanto SH MSi, yang sebelumnya menjabat Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri.

Mutasi juga terjadi di Polresta Manado, dimana Kombes Pol FX Surya Kumara telah diangkat dalam jabatan baru sebagai Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Metro Jaya. Adapun poisi Kapolresta Manado akan dijabat Kombes Pol Benny Bawensel SIK MH, yang sebelumnya menjabat Assesor Utama Bagian Penilaian Kompetensi (Bagpenkompeten) di Biro Pembinaan Karier Staf Sumber Daya Manusia (Robinkar SSDM) Polri.

Baik Irjen Sigit maupun Kombes Bawensel, keduanya sudah tak asing lagi di Bumi Nyiur Melambai ini, apalagi di jajaran Kepolisian. Pasalnya Sigit pernah menjabat Direktur Reserse Kriminal (Dir Reskrim) Polda Sulut, sedangkan Bawensel pernah menjabat Kapolres Minahasa Selatan.

Dalam berbagai kesempatan, Kapolri Tito berujar bahwa proses pergantian jabatan itu merupakan proses regenerasi di lingkungan internal Polri. Dia mengatakan, hal yang wajar bila Polri melakukan rotasi sejumlah jabatan supaya terjadi proses regenerasi dan suksesi kepemimpinan di Polri.

“Organisasi sebesar Polri ini memiliki mekanisme untuk regenerasi, pergantian jabatan yang lebih junior mulai naik lagi,” ujarnya.

Tito juga menuturkan, pemilihan para pejabat baru di Polri telah melalui mekanisme Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi, Dewan Kebijakan Tinggi, serta keputusan akhir berada di Kapolri. Tito yakin, para pejabat yang ditunjuk di posisi baru ini memiliki kompetensi dan kemampuan yang baik.

“Saya menganggap para perwira yang ditunjuk ini pada posisi memiliki kompetensi dan kemampuan serta integritas yang cukup baik,” tandasnya.(DETC/KOMC/DW)

Exit mobile version