Gempa magnitudo 7,1 guncang Talaud, Bupati SWM: Berdoa dan berjaga

Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Manalip. 

TALAUD, BERITASULUT.CO.ID – Gempa bumi bermagnitudo 7,1 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu 29 Desember 2018, pagi tadi pukul 11.39 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berlokasi di 5.85 Lintang Utara, 126.81 Bujur Timur sekitar 201 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud dengan kedalaman 69 kilometer dari permukaan laut.

Kondisi itu membuat Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Manalip (SWM) mengajak warganya agar tidak panik, tetapi tetap mawas diri. “Berdoa dan berjaga,” ajak Bupati.

Dilaporkan gempa terasa kuat di Kabupaten Kepulauan Sangihe selama 6 detik. Di Kepulauan Talaud, gempa dirasakan sedang selama 4-5 detik. Sedangkan di Kota Manado, guncangan gempa dirasakan lemah selama 2 detik.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono memastikan gempa tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia,” ujar Rahmat dalam rilis yang diterima BBC News Indonesia.

Rahmat menyebutkan gempa dipicu aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina.(DONWU/BBCNI)

.