Walikota GSVL: Semua pekuburan dan sekolah akan di-fogging

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat melakukan fogging di pekuburan Teling.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), Kamis (03/01/2019) siang turun lapangan melakukan fogging atau pengasapan nyamuk di lokasi pekuburan di Kota Manado.

Masih menggunakan setelan baju yang sama saat memimpin apel perdana ASN/THL Pemkot Manado, Walikota GSVL memulai fogging di pekuburan Teling, Kecamatan Wanea. Dengan memegang alat fogging, GSVL terlihat terlatih melakukan pengasapan nyamuk. Pasalnya kegiatan seperti ini sudah kerap dilakukannya sejak dulu.

Fogging ini dilakukan Pemkot Manado sebagai langkah antisipatif untuk mencegah perkembang-biakan nyamuk penyebab demam berdarah.

“Fogging kita lakukan sebagai tindaklanjut dan langkah mencegah perkembangan penyakit demam berdarah yang pada akhir tahun 2018 lalu sempat terjadi di beberapa wilayah,” ujar Walikota GSVL.

Dirinya menargetkan semua pekuburan dan sekolah di Kota Manado akan dilakukan fogging.

“Kenapa dimulai dari pekuburan, karena di Desember kemarin, banyak warga yang membawa bunga ke pekuburan dan mungkin ada wadah yang nantinya akan menjadi tempat perkembangan nyamuk demam berdarah,” kata dia.

“Sedangkan untuk fogging di sekolah-sekolah, mengingat mulai Senin pekan depan, anak-anak sudah mulai sekolah. Jadi kita harapkan saat mereka masuk sekolah sudah tidak ada lagi ancaman nyamuk demam berdarah,” lanjut Walikota GSVL.

Dirinya berharap, dengan adanya fogging di beberapa wilayah, akan meminimalisir terjadinya kasus demam berdarah. “Cuaca saat ini dari panas ke hujan ke panas lagi, potensi demam berdarah tinggi. Makanya fogging harus dilakukan,” tandasnya.

GSVL kemudian mengajak masyarakat untuk membersihkan lingkungan masing-masing, khususnya membuang air yang berpotensi terjadinya jentik-jentik nyamuk. “Ayo kita jaga lingkungan masing-masing, dimulai dari rumah,” ajak Walikota Manado dua periode ini.(DONWU)
.

Exit mobile version