Manado ranking 1 Indeks Kota Cerdas 2018, ini kata Prof Paula

Ketua TP-PKK Manado Julyeta Lumentut-Runtuwene saat menemani Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima penghargaan IKCI 2018.(foto: pemhummdo)

JAKARTA, BERITASULUT.CO.ID – Kota Manado ditetapkan menjadi terbaik atau ranking 1 dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018. Meskipun pengumumannya telah dilakukan akhir tahun 2018 lalu, namun penghargaan ini nanti diberikan di gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Rabu (09/01/2018) kemarin, dan diterima langsung Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL).

Ya, Kota Manado menjadi yang terbaik dalam IKCI tahun 2018 kategori Kota Sedang, menyisihkan Kota Salatiga dan Kota Yogyakarta serta puluhan kota lainnya di Indonesia. Adapun yang menjadi indikator penilaian adalah lingkungan, mobilitas, ekonomi, masyarakat, pemerintahan dan kualitas hidup.

Skor IKC berada pada angka 1 hingga 100. Semakin besar angka menunjukkan kian mendekati kondisi ideal kota cerdas. Dan Kota Manado di peringkat pertama atau terbaik mendapat angka 59,04. Adapun peringkat kedua Kota Salatiga dengan angka 58,99, sedangkan peringkat ketiga Kota Yogyakarta dengan angka 58,96.

Beragam komentar positif pun mengalir untuk Pemkot Manado. Salah satunya Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga Rektor UNIMA, Prof DR Ir Julyeta PA Lumentut-Runtuwene MS DEA.

Bahkan saat menyaksikan langsung penyerahan penghargaan tersebut, isteri Walikota GSVL yang akrab dengan sapaan Prof Paula ini terlihat senang. Dirinya pun memberi apresiasi atas prestasi ini. “Cerdas Kotanya, itu artinya cerdas masyarakatnya. Selamat vor torang samua,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, Walikota GSVL mengatakan, secara umum IKCI tersebut sejalan dengan visi Kota Manado sebagai Kota Cerdas 2021.

“Penghargaan IKCI ini melengkapi 21 penghargaan yang Kota Manado terima tahun 2018 lalu. Namun saya tekankan, penghargaan bukanlah tujuan kita karena penghargaan hanyalah bonus. Tujuan utama kita adalah kesejahteraan rakyat,” tandasnya.(DONWU)