Terobosan lagi GSVL! Kuliah di US, tahun ini Pemkot Manado biayai 5 anak berprestasi

Walikota Manado GS Vicky Lumentut usai teken MoU dengan Indra Pratama Kusumah selaku Head of Corporate and Partner Relation Yayasan Putera Sampoerna.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Terobosan baru lagi dilakukan Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) untuk membangun sumber daya manusia (SDM) di Kota Manado. Kali ini di bidang pendidikan, Pemkot Manado melakukan kerjasama dengan Universitas Sampoerna (US) Jakarta, sebuah perguruan tinggi yang bekerjasama dengan University of Arizona, Amerika Serikat.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat teken MoU dengan Indra Pratama Kusumah selaku Head of Corporate and Partner Relation Yayasan Putera Sampoerna.

Walikota GSVL Rabu (06/03/2019) sore tadi telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Sampoerna yang diwakili Indra Pratama Kusumah selaku Head of Corporate and Partner Relation Yayasan Putera Sampoerna, di kantor Sampoerna Stategic Square, Jl Sudirman Jakarta.

“Puji Tuhan, sore ini boleh teken MoU antara Pemkot Manado dengan Yayasan Putera Sampoerna untuk bantuan pendidikan sarjana di Universitas Sampoerna Jakarta,” ujar Walikota GSVL merasa bangga.

Adapun bentuk kerjasama awal yang dilakukan adalah, anak-anak berprestasi di Manado akan dikuliahkan di Universitas Sampoerna, dimana biaya akan ditanggung Pemkot Manado selama berkuliah 4 tahun.

“Kesempatan bagi anak-anak Manado ikut belajar di Universitas of Arizona di Indonesia. Tahun ini jatah 5 orang untuk Manado. Biaya akan ditanggung Pemkot Manado sampai selesai kuliah (4 tahun),” ungkap Walikota GSVL.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut foto bersama Indra Pratama Kusumah selaku Head of Corporate and Partner Relation Yayasan Putera Sampoerna, usai teken MoU.

Adapun untuk seleksinya, akan dilakukan Maret 2019 ini. “Untuk anak-anak SMA yang nilai raportnya sampai kelas 2, rata-rata 80 ke atas dan yang lolos seleksi dari tim Universitas Sampoerna, kemudian anak tersebut lulus Ujian Nasional SMA maka akan langsung diterima kuliah di Universitas Sampoerna Jakarta. Ayo manfaatkan kesempatan emas ini untuk anak-anak yang otaknya cerdas dan punya kemauan keras untuk belajar,” ujar Walikota GSVL memberi semangat.

Sementara untuk tes awal berupa Matematika, Pengetahuan Umum, Bahasa lnggris (reading and writing). Kemudian ada tes lanjut. Pendidiknya dosen langsung dari University of Arizona, dan dosen dalam negeri yang lolos tes dari University of Arizona. Untuk pilihan fakultas yakni Fakultas Teknik (Mesin dan Industri), Fakultas Bisnis (Managemen dan Akuntansi), Fakultas Pendidikan Keguruan (Bahasa lnggris dan Matematika).

Setelah lulus nanti, dapat ijazah dari Universitas Sampoerna dan dari University of Arizona. Pondokan atau tempat tiggal selama kuliah disiapkan oleh Universitas Sampoerna.

“Nanti setelah lulus, mereka nanti bekerja kalau pemkot mau panggil balik ke Manado disilahkan. Atau kalau mereka bebas cari kerja maka Yayasan Putera Sampoerna akan salurkan mereka untuk kerja di perusahaan dan sekolah ternama di dalam dan di luar negeri,” jelas Walikota GSVL.

Sekilas tentang Universitas Sampoerna

Tahun 2017 lalu, Universitas Sampoerna atau Sampoerna University telah mengumumkan kerja sama mereka dengan kampus University of Arizona dari Amerika Serikat. Kerja sama ini bertujuan meningkatkan para lulusan berkualitas dan siap kerja yang nantinya dapat bersaing pada tingkat internasional.

Sebagai informasi, University of Arizona adalah institusi umum yang didirikan pada tahun 1885 dan merupakan salah satu institusi umum terbesar di Amerika Serikat yang menawarkan para mahasiswa berbagai aktivitas dan kesempatan akademis.

The Eller College of Management at the University of Arizona adalah sekolah tinggi business dengan reputasi internasional untuk riset inovatif, kurikulum yang ketat, fakultas ternama, keunggulan dalam kewirausahaan dan tanggung jawab sosial.

Dari awal berdirinya, Sampoerna University berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik melalui kerjasama dengan berbagai universitas di dunia termasuk Amerika Serikat, Australia, Singapura dengan mengembangkan kurikulum terbaik, metodologi pelajaran dan jalur pengembangan terkini. Kurikulum yang kami kembangkan memiliki standar gelar tertinggi yang diakui bukan saja di tingkat nasional namun juga di tingkat internasional.(DONWU)