Satu-satunya di Sulut, aplikasi ini bawa Manado masuk 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Berbagai inovasi yang dihasilkan Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE terus mendapat perhatian dan apresiasi dari pemerintah pusat.

Kali ini, aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA) kembali mendapat pengakuan pemerintah pusat. Aplikasi yang hanya ada satu-satunya di Sulut ini, masuk dalam jajaran Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019.

Aplikasi PANADA ini sebelumnya juga sukses menjadi yang terbaik tahun 2018, sehingga Pemkot Manado menjadi salah satu pemerintah yang inovatif sehingga diganjar penghargaan Indonesia Innovation Award (IIA), bersamaan dengan GSVL yang diberikan penghargaan Walikota Terinovatif.

Dengan adanya kepercayaan pemetintah pusat ini, menjadikan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado sebagai pengelola aplikasi Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA) ini, diminta untuk mengutus perwakilan ke Jakarta.

Utusan tersebut terdiri atas satu orang penanggung jawab (admin lokal) dan pengelola (unit pelayanan publik), untuk mengikuti rapat penyempurnaan proposal dan persiapan tahap presentasi dan wawancara Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 yang akan diselenggarakan di Kantor Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Jakarta Selatan, Rabu (12/06/2019) mendatang.

Secara garis besar, PANADA merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai informasi dalam bentuk peta, diantaranya; data kepemilikan tanah, kependudukan, pajak dan berbagai informasi lainnya.

“Kami akan terus berinovasi termasuk memudahkan pelayanan publik dalam bentuk aplikasi,” ujar Walikota GSVL, Senin (28/05/2019) malam.(DONWU)

Exit mobile version