Promosi Manado Fiesta 2019, tari Kabasaran dan musik Kolintang menggema di Roma Italia

Tim Kesenian Kota Manado saat membawakan tari Kabasaran dalam acara “Siamo Indonesia” di Roma Italia.

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Hari Musik atau Festa Della Musica di Italia yang bertema “Siamo Indonesia” atau “Kami Indonesia” yang digelar KBRI Roma, Jumat (21/06/2019) waktu setempat, memiliki arti khusus karena berlangsung di Piazza Della Rotonda, persis di halaman bangunan bersejarah Pantheon Roma, salah satu ikon peradaban Romawi yang berusia hampir 2000 tahun.

Kegiatan ini dimanfaatkan betul oleh Pemerintah Kota Manado untuk mempromosikan iven besar Manadk Fiesta 2019 yang akan digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara, 27 Juli hingga 04 Agustus 2019 mendatang.

Bahkan tari Kabasaran dan lagu daerah ‘Un Genang’ yang dibawakan tim kesenian Kota Manado menggema di Ibukota Italia tersebut. Rombongan dipimpin langsung Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Lenda Pelealu MSi.

Dilansir dari Antara London, Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Roma, Veronika Vonny Handayani, menyebutkan jika lagu tradisional Indonesia dari berbagai daerah, yang dibawakan dengan instrumen tradisional, maupun instrumen modern mengalun dari panggung di tengah keramaian pusat wisata kota Roma ini.

Tim kesenian Kota Manado menyuguhkan rangkaian lagu daerah seperti Esa Mokan, Un Genang dan Kota Manado, diiringi instrumen Kolintang serta tarian Kabasaran.

“Berbagai kalangan yang hadir di Piazza Della Rotonda, sangat menikmati sajian musikal dari Indonesia tersebut,” ujar Veronika.

Sejumlah musisi muda Italia juga ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, antara lain Illaria Meloni (vocal), Francesca (piano), Alessandro (gitar), dan Domenico (trumpet, synth).

Dubes RI untuk Italia Esti Andayani bersama jajarannya foto bersama Kadis Pariwisata Manado Lenda Pelealu, di Roma Italia.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani berujar, pertunjukan ini merupakan kolaborasi dari para seniman Indonesia dan Italia, sejalan dengan Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI dan Italia.

“Melalui suguhan ini diharapkan masyarakat kedua negara maupun dari berbagai bangsa dapat berbagi sukacita,” ujar Esti.

Dan dalam tayangan video singkat yang diambil Dinas Pariwisata Kota Manado, Esti memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasihnya atas keikutsertaan tim Kesenian Kota Manado binaan Dinas Pariwisata Kota Manado.

”Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan semoga sukses dalam perhelatan Manado Fiesta tahun 2019,” kata Esti.

Diketahui, Festa Della Musica adalah festival musik di Italia yang diadakan setiap tanggal 21 Juni dalam rangka menyambut hadirnya musim panas. Pada tahun ini di kota Roma ada lebih dari 4300 musisi berpartisipasi dalam 450 pertunjukan di berbagai tempat.

Pertunjukan di kawasan Pantheon bernilai tinggi karena tempat ini merupakan salah satu ikon sejarah Italia yang sangat dijaga kelestariannya, dan dikunjungi oleh enam juta wisatawan setiap tahun. KBRI Roma bekerjasama dengan Pemerintah Kota Roma telah tiga kali berpartisipasi dalam kegiatan ini.(DONWU)

Exit mobile version