Satu kata gambaran Open Ceremony Manado Fiesta 2019: Spektakuler!

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Iven akbar Manado Fiesta 2019 sudah dibuka Sabtu (27/07/2019) tadi malam. Satu kata gambaran Open Ceremony Manado Fiesta 2019: Spektakuler!

Acara yang dimulai dari sore sekitar pukul 16.00 Wita dan 19.00. Wita, menghadirkan kemeriahan dan hiburan bagi masyarakat, para tamu, undangan serta turis mancanegara dan lokal. Atraksi tak hanya menghadirkan atraksi di darat, namun panitia pun menampilkan atraksi laut dan udara yang spektakuler.

Ungkapan syukur dan sukacita melalui doa yang dibawakan para tokoh agama di Kota Manado sebagai tanda mengawali semua rangkaian Open Ceremony Manado Fiesta Tahun 2019 di area Pohon Kasih, Kawasan Megamas.

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) mengatakan, Manado merupakan daerah pariwisata yang penting bagi para wisatawan. Ekowisata merupakan atraksi terbesar di wilayah ini. Paling populer adalah selam scuba dan snorkeling di Pulau Bunaken, serta Rumah Besar dari Keberagaman, suku, agama, ras dan budaya.

Manado Fiesta 2019 merupakan ajang dari perwujudan wajah Kota Manado dalam suatu pagelaran. Dengan acara tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, disela-sela open ceremony Manado Fiesta tadi malam.

Walikota: Wujud dukungan pemerintah dan masyarakat Kota Manado untuk program Presiden Jokowi dan Gubernur Sulut

Walikota GSVL menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven Kandow, para Duta Besar Negara Sahabat, dan para Undangan dan Tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Walikota berujar, Manado Fiesta adalah event tahunan utama yang digelar Pemkot Manado, ditambahkannya, event di dedikasikan untuk mendukung Kementerian Pariwisata dan merupakan program dari Presiden Joko Widodo serta Gubernur Sulut, dalam pembangunan industri pariwisata di Sulut, target satu juta turis mancanegara di Sulut, dan pintu masuk keluarnya adalah Kota Manado.

Sehingga target Nasional 20 juta turis dengan menggaetnya dalam kemasan bentuk event tahunan, seperti Manado Fiesta ini, adalah wujud nyata dukungan Pemerintah dan Masyarakat Kota Manado, untuk program pariwisata yang digalakkan oleh Presiden dan Gubernur saat ini.

“Manado Fiesta 2019, adalah wujud dukungan pemerintah dan masyarakat Kota Manado, untuk program Presiden dan Gubernur Sulut di bidang pariwisata,” ujarnya.

Dengan dikemas dalam bentuk parade menampilkan dua tema yakni Manado tentang Rumah Besar kita bersama berisi beragam, suku, agama, ras dan budaya dan keindahan taman laut Bunaken. Begitupun untuk kemasan acara Manado Fiesta, kami punya tujuh festival diantaranya, Fisco, Food, Fair, Fashion, Funtastic, Faith, yang dilaksanakan delapan hari kedepan dan berakhir pada 4 Agustus 2019.

“Yang berbeda juga hari ini dari sisi dukungan yang luar biasa dari kehadiran duta besar negara sahabat, Gubernur dan Wakil Gubernur, dan juga Ketua Umum Panitia Coreta Kapojos yang membuat lain Manado Fiesta 2019 ini dibanding tahun sebelumnya, tidak hanya dari sisi manajemen kegiatan yang dikoordinir secara apik dan luar biasa menggabungkan mantra, darat, udara dan laut, termasuk kehadiran KRI Dewaruci di teluk Manado, menambah meriah Manado Fiesta 2019. saya sampaikan terimakasih,” ucap Walikota.

Manado Fiesta akan juga dirangkaikan dengan acara Thansgiving pada 4 Agustus 2019 dan diikuti oleh semua golongan agama di Kota Manado, tentunya kami harapkan masyarakat kota bisa open house dan dapat menerima tamu yang berkunjung kita makan rame-rame dalam syukuran Kota Manado. Serta berharap dan terus bekerja dan berdoa agar Manado Fiesta akan masuk dalam kalender event pariwisata nasional tahun 2020.

Menpar: Manado Fiesta akan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ricky Fauziayani mengaku bangga dengan eksistensi Manado Fiesta yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya. “Keberhasilan suatu event merupakan wujud kerja sama berbagai pihak. Dan jangan lupa dalam melaksanakan suatu event, harus mempunyai manfaat,” jelas Ricky.

Dia menyatakan, Manado Fiesta 2019 dikemas secara lengkap dan total. Banyaknya kegiatan yang terangkum dalam event ini akan membuat gelaran acara menjadi lebih semarak. “Semua ada di sini. Apa yang dicari pengunjung hampir seluruhnya terwakili. Sebab, nantinya juga akan ada Manado Fiesta Fair 2019 yang mengangkat ‘Investment, Trade Tourism, Agriculture, and Fishing’. Benar-benar pameran yang lengkap. Ada investasi, pariwisata, pertanian, kelautan dan perikanan, UMKM dan koperasi, dan lain-lain,” jelas Ricky.

Dikatakannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Manado Fiesta 2019 akan memberikan impact positif. “Manado Fiesta 2019 adalah event besar yang akan memberi dampak ekonomi cukup tinggi bagi masyarakat sekitar. Bukan hanya pengusaha perhotelan dan rumah makan, tetapi juga pedagang-pedagang skala kecil. Ini yang terpenting dari sebuah event. Bukan hanya memberi hiburan, tetapi juga menyejahterakan,” ujar Ricky.

Gubernur Sulut: Manado ibarat sebuah rumah besar

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengajak wisatawan dan siapapun yang datang ke wilayahnya untuk merayakan keberagaman melalui ajang Manado Fiesta 2019. Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi ke-396 tahun kota Manado ini sekaligus ingin menunjukkan mengenai keberagaman budaya yang ada di Kota Manado.

“Sulut kami arahkan menjadi laboratorium kerukunan. Selama tiga tahun terakhir, melalui event ini, kita jadikan contoh bagaimana kehidupan keberagaman dan kerukunan antar suku serta agama bisa dilaksanakan di Sulawesi Utara,” ujar Olly.

Sebagai simbol keberagaman budaya tersebut, dalam acara pembukaan ini menampilkan pementasan tarian khas Suku Batak, Betawi, Kalimantan, Papua, dan Manado. Tarian ini dipentaskan oleh sekitar 200 pelajar SMP dari kota Manado. Setelah itu, dilanjutkan dengan atraksi penampilan fashion carnival dan juga penampilan kendaraan hias yang mewakili masing-masing rangkaian kegiatan Manado Fiesta. Walikota Manado, Vicky Lumentut menambahkan bahwa event ini dikemas dalam bentuk parade yang menampilkan dua hal.

“Pertama, Manado ibarat sebuah rumah besar yang berisikan keberagaman suku, ras, budaya, dan agama. Kedua, kekayaan yang ada di Taman Laut Bunaken adalah suatu tempat penyelaman yang indah,” ujar Gubernur.

Mengusung konsep 7F

Diketahui, Manado Fiesta mengusung konsep 7F yaitu Fisco, Fair, Food, Funtastic, Flying, dan Faith. Untuk tahun 2019 ini mengangkat tema “Neptunus” atau Raja Laut, dengan keunikan dan daya tarik pariwisata Manado.

Adapun kegiatan yang akan menyemarakkan kegiatan Manado Fiesta 2019, yakni :

1F yakni Fisco (Fish & Coral) Fish & Coral Carnival akan diselenggarakan pada 27 Juli 2019, start dari Taman Berkat (God Bless Park) dan Boulevard 2, finish di Pohon Kasih Kawasan Megamas.

2F yakni Food/Kuliner Manado kuliner festival akan diselenggarakan pada 30-31 Juli 2019 bertempat di Taman Berkat.

3F yakni Fashion Manado Fashion Festival akan diselenggarakan pada 1-2 Agustus 2019 bertempat di Manado Town Square (Mantos).

4F yakni Funtastic Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada 27 Juli – 4 Agustus 2019 di Taman Berkat, Aula Pemkot Manado, Lapangan Sparta Tikala dan beberapa lokasi di Kota Manado. Rangkaian acara funtastic antara lain Lomba Masamper, Lomba paduan suara, Manado Youth Festival, Manado Traditional Sea Fest, Lomba Taman, Lomba Kebersihan, dan Konser Musik yang menampilkan artis ibukota.

5F yakni Flying Paragliding International Accuracy Open yang akan menghadirkan atlit-atlit paralayang regional, nasional hingga internasional, akan diselenggarakan di Gunung Tumpa pada 1-3 Agustus 2019.

6F yakni Fair Manado Fiesta Fair 2019 akan diselenggarakan pada 31 Juli – 3 Agustus 2019 di Manado Town Square 3. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan seperti Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi serta Produk Unggulan Daerah, Pameran Taman Hias, Pameran Lukisan, Lomba Lukis Anak, Talkshow, Workshop, Pentas Seni Budaya dan live Musik, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

7F yakni Faith Kegiatan Manado Fiesta 2019 akan ditutup dengan pelaksanaan Thanksgiving atau Pengucapan Syukur yang akan dirayakan secara serentak di seluruh Kota Manado pada hari Minggu, 4 Agustus 2019. Closing ceremony di lapangan Sparta Tikala ditutup konser Iwan Fals.(DONWU)

Exit mobile version