JPAR-Ai lanjutkan Mooncake Festival sebagai agenda pariwisata Manado

  • Bagikan
Calon Walikota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene melihat dari dekat prosesi persiapan Mooncake Festival di klenteng, Kamis (01/10/2020) sore.
Calon Walikota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene melihat dari dekat prosesi persiapan Mooncake Festival di klenteng, Kamis (01/10/2020) sore.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Festival Kue Bulan atau Mooncake Festival setiap tahun diselenggarakan di Kota Manado. Puncak perayaan tahunan itu diperingati setiap tanggal 15 bulan 8 tahun Imlek.

Bahkan untuk tahun ini, Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga Calon Walikota Manado, Prof DR Julyeta Paulina Amelia Runtuwene MS (JPAR) mengunjungi dua klenteng yakni Klenteng Kwan Kong dan Bam Hing Kiong, Kamis (01/10/2020) sore, untuk melihat dari dekat prosesi persiapan Mooncake Festival tersebut.

“Selain berilahturami dalam rangka Mooncake Festival, saya datang ke Klenteng Kwan Kong dan Klenteng Ban Hing Kiong untuk mencari tahu sejarahnya,” ujar JPAR.

Ia pun berinteraksi dengan pengurus klenteng tentang sejarah dan perayaan Mooncake Festival tersebut, dan pelaksanaan tahun ini yang berbeda karena digelar di masa pandemi Covid-19.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma Klenteng Ban Hing Kiong Manado, Jimmy Budihaya Binsar mengatakan, selama tiga hari mereka merayakan kelahiran Nabi Hok Tek Ceng Sin dan kesempurnaan Dewi Bulan.

“Itu yang menjadi makna dari perayaan festival kue bulan ini,” kata Jimmy.

Diketahui, Mooncake Festival ini oleh Walikota Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) sudah menjadi salah satu agenda pariwisata Kota Manado yang digelar setiap tahunnya, dan akan dilanjutkan tradisinya oleh Prof DR Julyeta Paulina Amelia Runtuwene MS dan Dr Harley AB Mangindaan SE MSM (JPAR-Ai) kelak memimpin Manado kedepan.

“Apa yang sudah digagas sebelumnya, akan kami lanjutkan. Dan Mooncake Festival ini akan tetap menjadi agenda pariwisata di Kota Manado,” ucap JPAR.(DONWU)

  • Bagikan
Exit mobile version