Hibah Kemenparekraf 19,4 M ke Manado turun, ini pembagian 70-30nya

  • Bagikan
Kadis Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu.
Kadis Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu.

MANADO, BERITASULUT.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan kucuran dana sebesar Rp19,4 Miliar ke Kota Manado dalam rangka penguatan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19.

70 persen anggaran diperuntukan bagi restoran dan hotel, sementara 30 persen lainnya dimanfaatkan untuk implementasi CHSE di daerah dan revitalisasi sarana prasarana pariwisata, dimana dananya dikelolah Dinas Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Pelealu mengatakan, sasaran utama alokasi dana hibah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut adalah, pemulihan Industri Hotel dan Restoran agar dapat bertahan dan kembali bangkit di tengah pandemi ini, terutama industri Pariwisata Kota Manado yang sangat terpukul dengan Pandemi Covid-19.

“Pak Walikota GSVL berharap dengan adanya pemberdayaan dana hibah dari Kementerian Pariwisata ini akan membangkitkan kembali sektor ekonomi pariwisata yang terdampak akibat covid 19,” ujar Pelealu, Kamis (12/11/2020).

Lanjutnya, terkait dana hibah tersebut maka pemkot Manado intens melakukan rapat evaluasi terkait hotel dan restorant yang berperan aktif menunjang PAD di kota Manado.

“Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat, 70% anggaran diperuntukan bagi restoran dan hotel yang memiliki izin dan berkontribusi terhadap PAD Kota Manado pada tahun lalu. Sedangkan 30% sisanya akan dimanfaatkan untuk implementasi CHSE didaerah dan revitalisasi sarana prasarana pariwisata,” sebut Pelealu.(DONWU)

  • Bagikan
Exit mobile version