Wagub SK serahkan SK Plh 5 Bupati/Walikota di Sulut, ini mereka

  • Bagikan

MANADO, BERITASULUT.co.id – Jabatan 5 kepala daerah di Sulawesi Utara periode 2016-2021 telah berakhir Rabu (17/02/2021) kemarin.

Untuk mengisi kekosongan pemerintahan sampai pelantikan kepala daerah yang baru periode 2021-2024, maka pemerintahan 5 daerah tersebut dijabat oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati/Walikota.

Dan, Kamis (18/02/2021) di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulut kepada para Sekretaris Daerah (Sekda) di 5 daerah tersebut, untuk merangkap sebagai Plh Bupati/Walikota.

Daerah yang dimaksud, masing-masing Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Utara (Minut), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dan Kota Tomohon.

Sebelumnya dilakukan juga pelantikan dan pengambilan janji jabatan Penjabat Sekda Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan. Dengan demikian, Ringkuangan yang baru dilantik otomatis menjadi Plh Walikota Tomohon.

Berikut Plh Bupati/Walikota di 5 daerah di Sulut:

1. Plh Bupati Minsel, Denny Kaawoan
2. Plh Bupati Minut, Jemmy Kuhu
3. Plh Bupati Bolsel, Marzanzius Arvan Ohy
4. Plh Bupati Boltim, Sonny Warokah
5. Plh Walikota Tomohon, Jemmy Ringkuangan

Pada kesempatan itu Wagub Steven Kandouw mengingatkan pentingnya peranan dan tanggung jawab Plh Bupati/Walikota agar keberlangsungan pemerintahan berjalan lancar.

“Untuk itu legitimasi ini penting. Tugas utama menjaga kontinuitas, menjaga keberlangsungan pemerintahan di daerah masing-masing. Tugas utama lain mempersiapkan pelantikan bupati dan walikota,” ujarnya.

Ia meminta seluruh Plh Bupati/Walikota dapat memanfaatkan dengan efektif waktu selama 9 hari kedepan hingga pelantikan Bupati/Walikota 27 Februari 2021.

“Manfaatkanlah semua kesempatan. Tunjukan output dan outcome biar cuma beberapa hari tunjukan siapa kita. Boleh jadi pamong, pemimpin daerah di masing-masing daerah. Selamat bertugas,” tukas Wagub SK.

Penunjukan Sekda masing-masing daerah sebagai Plh Bupati/Walikota merujuk Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk kesinambungan pemerintahan.

Sejumlah pejabat Pemprov Sulut hadir menyaksikan, antara lain Asisten I Edison Humiang, Asisten III Gammy Kawatu, Kepala BKD Femmy Suluh, dan Karo Pemerintahan Jemmy Kumendong, serta sejumlah pejabat dari 5 daerah yang dimaksud.(SPGI)

  • Bagikan
Exit mobile version