Ini susunan terbaru kabinet Jokowi-Ma’ruf usai pelantikan menteri baru

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo.

Jakarta, BERITA SULUT – Beberapa hari lalu, tepatnya Rabu (28/04/2021) tengah pekan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri di Istana Negara, Jakarta.

Jokowi melantik dua menteri yang menempati kursi kementerian baru, yakni Kementerian Investasi, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Meski begitu, menteri yang dilantik merupakan wajah lama di pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Mereka yakni Bahlil Lahadalia yang ditunjuk sebagai Menteri Investasi, serta Nadiem Makarim yang dipercaya menjadi Mendikbud Ristek.

Bahlil sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia ditetapkan sebagai Kepala BKPM pada 23 Oktober 2019, bersamaan dengan pengangkatan 34 menteri dan 3 kepala lembaga setingkat menteri.

BKPM sebelumnya merupakan badan setingkat menteri yang masuk di jajaran kabinet. Namun, kini dilakukan perubahan nomenklatur dari BKPM menjadi Kementerian Investasi sehingga Bahlil dilantik sebagai Menteri Investasi.

Sementara itu, Nadiem semula duduk sebagai Mendikbud. Sama seperti Bahlil, Nadiem ditunjuk sebagai Mendikbud sejak awal pembentukan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pelantikan Nadiem sebagai Mendikbud Ristek menyusul peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Pada 22 Desember 2020 lalu, Jokowi juga merombak kabinetnya. Total ada enam menteri yang diganti pada reshuffle jilid pertama. Menteri-menteri baru lantas dilantik pada 23 Desember 2020 di Istana Negara, Jakarta.

Mereka yakni Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Kedua menteri yang diganti ini tersandung masalah hukum.

Kemudian ada Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Ada juga Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

  • Bagikan
Exit mobile version