MTPJ GMIM 2-8 Mei 2021: Carilah dan belajarlah terus mencari hikmat dari sumber hikmat

  • Bagikan

Tema Bulanan: Ketaatan Melaksanakan Kehendak Allah adalah Wujud Kedewasaan Iman
Tema Mingguan: Belajar dari Orang Berhikmat
Bacaan Alkitab: 1 Raja-Raja 10:1-13

Alasan Pemilihan Tema

Ada ungkapan berkata “Long Live Education“, Belajar adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Orang disebut pintar apabila lulus sekolah atau kuliah dengan predikat sangat memuaskan atau Cum Laude. Terutama jika pelajaran Ilmu Pasti Alam dan Matematika mendapat nilai A.

Walaupun pada kenyataannya tidak semua orang pintar di sekolah, sukses dalam kehidupan. Untuk meraih suatu kesuksesan hidup sangat ditentukan pada kecerdasan seseorang dalam menghadapi dan mengatasi suatu persoalan.

Cerdas adalah perkembangan akal budi yang sempurna (KBBI) untuk berpikir, memahami dan merasakan. Akal budi yang sempurna dimiliki oleh orang yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, merekalah yang disebut bijaksana.

Kebijaksanaan atau hikmat terpancar dari orangorang yang berhasil dalam menyikapi suatu persoalan dengan baik dan benar. Karena itu belajar di sekolah dan perguruan tinggi itu penting.

Namun akan menjadi lebih sempurna lagi apabila kita terus belajar dari kehidupan bersama dengan Tuhan. Hidup dan belajar bersama dengan Tuhan memungkinkan kita semakin mengerti tentang nilai-nilai kehidupan manusia, alam serta kehendak Tuhan.

Sebab proses kehidupan untuk menjadi manusia yang bijaksana selalu menuntut seseorang untuk tidak pernah berhenti untuk belajar dan belajar sehinga dapat menjadi bijaksana dengan manusia, alam serta Tuhan. Belajar dari Orang Berhikmat adalah suatu keharusan untuk menjadi bijaksana.

  • Bagikan
Exit mobile version