Apa itu desersi? Kata yang kembali viral dalam kasus polwan cantik Briptu Christy

  • Bagikan
Briptu Christy.(foto: ist)

Briptu Christy, polwan cantik yang bertugas di Polresta Manado ini dicari atas dasar kasus desersi. Lantas apa itu desersi?

Dalam istilah, desersi adalah pengabaian tugas yang disengaja atas tugas dan kewajiban seseorang. Desersi merupakan bentuk pengingkaran tugas atau jabatan tanpa alasan.

Seseorang dianggap melakukan desersi apabila tidak hadir atau menjalankan tugasnya selamat lebih dari 30 hari berturut-turut. Anggota yang diketahui desersi dapat dijerat dengan PP Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Kepolisian.

Dalam PP Nomor 1 Tahun 2003 Pasal 14 ayat 1 huruf a menyebutkan, “Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesaia diberhentikan tidak dengan hormat dari dinas Kepolisian Negara Republik Indonesia apabila: a. meninggalkan tugasnya secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut.”

Demikian informasi mengenai apa itu desersi, kata yang kembali viral dalam kasus Briptu Christy, usai hilang selama lebih 30 hari dan tidak melakukan tugasnya sebagai anggota kepolisian.

(bsc)

 

  • Bagikan