Talaud banyak spot wisata, Miangas layak jadi desa wisata

  • Bagikan
Pulau Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud, pulau paling utara Indonesia.(foto: ist)

Melonguane, BERITASULUT.co.id – Potensi wisata di Kabupaten Kepulauan Talaud sangat melimpah.

Buktinya, selain banyaknya spot-spot wisata unggulan yang ada, kabar terbaru, Miangas menjadi satu dari sekian desa di Talaud yang dijadikan sampel untuk dijadikan desa wisata.

“Miangas layak dijadikan desa wisata karena memiliki beberapa kriteria luar biasa dan hal-hal khusus dibanding desa lainnya,” ujar Bupati Elly E Lasut (E2L) melalui Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Budpar), Stevenheiner Maarisit.

Dikatakannya, pulau paling utara Indonesia tersebut memiliki sejarah tentang perjuangan.

“Miangas juga adalah salah satu dari sekian pulau di Indonesia yang memiliki sertifikat internasional. Dari segi geografis, Miangas memiliki satu pulau, satu kecamatan dan satu desa, dan sistem kebudayaan masyarakat yang sangat luar biasa dari segi kehidupan sosial, kultur dan lain sebagainya,” kata mantan Camat Miangas ini.

Lanjut Maarisit dari berbagai kriteria dan hal khusus tersebut, maka Miangas patut diangkat dan dikembangkan menjadi desa wisata.

“Pengembangan pembangunan di wilayah perbatasan utara NKRI ini juga selaras dengan program nawacita Presiden RI tentang membangun dari pinggiran,” ungkapnya.

Ditambahkan, Miangas menjadi pusat perhatian pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Kami, Dinas Budaya dan Pariwisata bercita cita mewujudkan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai salah satu kabupaten wisata yang dituangkan hingga ke desa desanya,” tukas Maarisit.

(tal)

  • Bagikan
Exit mobile version