Bupati Elly Lasut siapkan 1500 anak muda Talaud kerja di Jepang

  • Bagikan
Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut dan Kepala BP2MI Benny Rhamdani usai menandatangani MoU terkait peluang kerja lewat program SSW di Jepang.

Jakarta, BERITASULUT.co.id – Bupati Kabupaten Kepualaun Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) melakukan kerja sama dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terkait peluang kerja lewat program Specified Skill Worker (SSW) di Jepang.

Penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan antara Bupati E2L dengan Kepala BP2MI Benny Rhamdani, bertempat di Kantor BP2MI Pusat, Jakarta, Selasa (23/02/2022).

Bupati E2L yang didampingi Sekda Yohanis BK Kamagi mengatakan, pemerintah daerah akan memfasilitasi bahkan siap menganggarkan dana lewat APBD untuk pelatihan bahasa kepada anak daerah sebelum diberangkatkan ke Jepang.

“Kami bersyukur dengan adanya peluang kerja di Jepang. Ada 1500 anak muda Talaud yang sudah kita siapkan dan berangkatkan,” ungkap.

Dikatakannya, jumlah anak muda yang akan direkrut untuk diberikan pelatihan bahasa itu, nantinya akan diambil dari setiap desa dan kelurahan. Setiap desa dan kelurahan akan direkrut 10.

“Jadi nantinya selain APBD, ada juga dana desa akan dimanfaatkan untuk membiayai pelatihan. Ini bukti keseriusan kami pemerintah untuk memanfaatkan peluang kerja di Jepang,” tandas Bupati E2L.

Adapun Rhamdani memberikan apresiasi kepada Pemkab Talaud yang datang jauh dari timur Indonesia dengan niat komitmen dan serius dalam penyiapan SDM ke luar negeri.

“Apalagi penempatan ke Jepang ini memiliki prospek yang luar biasa,” katanya.

Ia berujar, momentum ini dimaknai sebagai bentuk nyata kolaborasi positif antar pemangku kepentingan, pemerintah daerah maupun pihak swasta.

“Saya berharap, apa yang dilakukan Pemkab Talaud ini dapat dilakukan di daerah-daerah lain,” ujarnya.

(tal)

  • Bagikan
Exit mobile version