Masa jabatan 675 anggota BPD di Mitra berakhir Desember bukan bulan Maret

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Helga Mosey

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Simpang siur masa jabatan 675 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 135 desa yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), terjawab sudah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Helga Mosey mengungkapkan bahwa, 675 orang anggota BPD ini masa jabatannya nanti berakhir pada bulan Desember tahun 2022, bukan bulan Maret.

“Surat keputusan (SK,red) pengangkatan ratusan anggota BPD ini per 1 Juli 2016, namun dilantik pada bulan Desember tahun 2016 dengan periodisasi selam 6 tahun. Jadi, masa jabatan mereka nanti berakhir pada bulan Desember tahun ini,” ungkap Mosey kepada Beritasulut.co.id, Senin (11/4/2022).

Lagi Mosey menjelaskan, hal tersebut berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 110 tahun 2016, pasal 15 ayat 1 yang berbunyi masa keanggotaan BPD selama 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah/janji.

“Masa jabatannya terhitung pada saat pengucapan sumpah dan janji. Jadi, keabsahan atau legalitas sebagai BPD diakui setelah mereka dilantik,” jelas Mosey.

Untuk itu, ia pun menerangkan, bulan Juni mendatang tahapan pemilhan BPD di 135 desa mulai berjalan atau enam bulan jelang masa jabatan berakhir desa sudah boleh membentuk panitia serta tiga bulan sebelum habis masa jabatan sudah boleh melakukan pemilihan. Namun demikian, pihaknya juga sembari menunggu juknis dari kemendagri. (HENGLY)

  • Bagikan
Exit mobile version