Sekda Kamagi apresiasi BPKP atas pendampingan pengelolaan keuangan Pemkab Talaud

  • Bagikan
Sekda Talaud Yohanis Kamagi mendampingi Kepala BPKP Perwakilan Sulut Beligan Sembiring saat Bimtek Pengelolaan Keuangan yang diselenggarakan Pemkab Kepulauan Talaud di Manado.

Manado, BERITASULUT.co.id – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berkomitmen membantu dan mendampingi Pemkab Kepaulauan Talaud dalam meningkatkan kapabilitas APIP dan pengelolaan keuangan daerah, baik melalui Siskeudes, Siswaskeudes, dan FMIS serta kegiatan konsultasi lainnya.

Demikian dikatakan Kepala BPKP Perwakilan Sulut Beligan Sembiring dalam kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Menggunakan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes bagi APIP Inspektorat, serta Bimtek Implementasi Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) Berbasis Web yang diselenggarakan Pemkab Talaud, di Hotel Quality Manado, 1-3 Juni 2022.

“Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes, digunakan dalam rangka mengelola dan mengawasi keuangan desa,” ujar Sembiring.

Dikatakannya, untuk FMIS digunakan untuk memperlancar proses panatausahaan hingga pelaporan keuangan pemda.

“Sehingga lewat aplikasi tersebut, pengelolaan keuangan di desa dan Pemkab Talaud dapat berjalan transparan, efektif dan akuntabel,” ungkapnya.

Karena itu, Sembiring berharap, melalui bimtek yang diadakan, kapabilitas dan pengetahuan APIP dalam melakukan pengawasan, khususnya pengawasan pengelolaan keuangan desa, dan peningkatkan kompetensi ASN di badan keuangan dalam menatausahaan dan melaporkan keuangan daerah dapat ditingkatkan.

Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) melalui Sekda Yohanis Kamagi mengapresiasi BPKP atas pendampingan dalam pengelolaan keuangan desa dan keuangan daerah di Pemkab Talaud.

“Untuk itu, atas pendampingan BPKP, Pemkab Talaud akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangannya,” ujarnya.

(tal)

 

  • Bagikan
Exit mobile version