Tamuntuan berencana hadirkan lumbung pangan di kampung rawan bencana

  • Bagikan
Rinny Tamuntuan.

Tahuna, BERITASULUT.co.id – Pemkab Kepulauan Sangihe berencana menyediakan lumbung pangan di desa-desa yang rawan mengalami bencana. Tujuannya untuk memudahkan mobilisasi bantuan pangan pada masa tanggap darurat bencana.

“Kami akan membangun lumbung pangan di setiap kampung yang rawan terjadi bencana alam,” kata Pj Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan, Kamis (09/06/2022).

Ia mengatakan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan memetakan desa-desa yang rawan mengalami bencana, yang akan dijadikan sebagai dasar dalam merancang penyediaan lumbung pangan di desa rawan bencana.

“Lumbung pangan di desa rawan bencana untuk mengantisipasi ketika ketika terjadi bencana supaya sudah ada persiapan bahan makanan,” ujar Kepala Dinas Sosial Sulut ini.

Menurut Tamuntuan, penyediaan lumbung pangan di desa rawan bencana akan dilakukan menggunakan dana Pemkab Kepulauan Sangihe.

“Kalau dari APBD Kabupaten belum tersedia maka saya akan usahakan melalui APBD Sulut, dan Ketua DPRD Fransiskus Andi Silangen pasti akan membantu, karena beliau adalah mantan pacar saya,” pungkasnya.

(san)

  • Bagikan
Exit mobile version