MTPJ GMIM 12-18 Juni 2022 (HUT PI/PK ke-191) : Api Injil memurnikan dan memampukan menilai zaman

  • Bagikan

Tema Bulanan : Misi dan Pendidikan yang Membebaskan
Tema Mingguan : Api Injil Memurnikan dan Memampukan Menilai Zaman
Bacaan Alkitab : Lukas 12:49-59

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti api adalah panas dan cahaya, perasaan yang bergelora tentang cinta dan perjuangan. Api dapat membakar, menghanguskan dan memurnikan logam mulia.

Api Injil diartikan kuasa yang memisahkan, membebaskan, mencerahkan, menyelamatkan atau memurnikan dan menghidupkan semangat iman.

Hari ini kita merayakan Hari Pekabaran Injil (PI) dan Pendidikan Kristen (PK). Injil telah dibawa masuk ke tanah Minahasa oleh para missionaris. Injil telah menumbuhkan Iman orang Minahasa dan buah-buahnya dapat kita lihat dan rasakan.

Tantangan kita saat ini adalah sepertinya terjadi erosi iman warga Gereja. Secara kuantitatif diindikasikan oleh kehadiran warga Gereja dalam Ibadah BIPRA, Kolom dan Jemaat cenderung menurun.

Pengamatan sementara menunjukkan kurang lebih 40 persen warga Gereja yang berpartisipasi aktif. Sementara secara kualitatif angka kriminalitas, perceraian dan kejahatan lainnya menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Sebagai Gereja, pada perayaan hari Pekabaran Injil dan Pendidikan Kristen tahun 2022 ini kita diajak untuk berefleksi lagi dari Alkitab tentang arti dan makna Injil dikaitkan dengan pewarisannya melalui proses pendidikan baik secara formal, informal dan non-formal.

Untuk itu pembacaan sepanjang minggu yang berjalan ini jemaat GMIM diajak untuk merenungkannya di bawah tema: “Api Injil Memurnikan dan Memampukan Menilai Zaman.”

  • Bagikan
Exit mobile version