Hasto sebut James Sumendap pemimpin yang tidak birokratis dan wajahnya Marhaen

  • Bagikan

MINAHASA, BERITASULUT.co.id – Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto secara spontan menyebut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap sebagai potret kepala daerah yang tidak birokratis dan wajahnya mewakili rakyat kecil.

Hal itu disematkan Hasto kepada James Sumendap saat memberikan pidato politik pada acara pelantikan serentak Banteng Muda Indonesia (BMI) kabupaten/kota se-Sulawesi Utara (Sulut) di Yama Resort Tondano, Minahasa, Sabtu (11/6/2022).

“Saya senang Bupati James Sumendap tidak birokratis. Memiliki wajah Marhaen seperti saya. Pemimpin seperti ini dibutuhkan,” ungkap Hasto.

Pelantikan serentak BMI se-kabupaten/kota Sulut ini di hadiri oleh Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPD Sulut, Olly Dondokambey serta jajaran pengurus DPD lainnya.

Sebutan Marhaen kembali ramai setelah disebut Sekjen Hasto.

Apa itu Marhaen? Marhaen adalah sebutan dari Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno atau Ir. Soekarno.

Menurut Bung Karno, Marhaen adalah potret rakyat Indonesia yang memiliki lahan dan alat produksi tapi dimiskinkan oleh sebuah sistem kolonialisme Belanda saat itu. Marhaen adalah buruh, petani, nelayan dan rakyat yang dimiskinkan.

Sementara itu, James Sumendap dalam keterangannya mengatakan, apa yang disampaikan Hasto Kristiyanto ada benarnya.

“Tidak birokratis dan memiliki wajah seperti Marhaen. Itu sudah gaya natural saya, memang sudah begini. Tapi urusan pembangunan daerah dan kerakyatan harus nomor satu,” tukas Bupati Minahasa Tenggara dua periode ini. (HENGLY)

  • Bagikan