MTPJ GMIM 3-9 Juli 2022 : Berpeganglah pada ajaran sehat

  • Bagikan

Tema Bulanan : Misi dan Pendidikan yang Membebaskan
TEMA MINGGUAN : Berpeganglah pada Ajaran Sehat
Bacaan Alkitab : 1 Timotius 1:1-11

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Dunia dewasa ini sedang mengalami perubahan yang sangat pesat dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam kehidupan orang percaya (Gereja).

Berhadapan dengan perubahan zaman ini, iman atau kepercayaan warga Gereja harus dijaga dan dirawat agar tetap teguh, tetap bertumbuh di dalam Kristus, bertambah teguh dalam iman berdasarkan Firman Tuhan dalam Alkitab.

Dengan kata lain, ajaran sehat atau ajaran benar harus disampaikan terus menerus, teratur, dan terencana. Sebab dampak perubahan zaman bukan hanya membawa pengaruh positif bagi masyarakat secara khusus warga Gereja tetapi juga pengaruh negatif.

Pengaruh negatif yang sangat jelas saat ini adalah terjadinya dekadensi moral Kristiani. Kemerosotan atau kemunduran iman berlangsung terus menerus baik itu disengaja atau tidak disengaja.

Dan ini semakin parah karena ajaran yang bertumbuh dan berkembang sekarang, bukan hanya ajaran sehat yang membangun tetapi juga ajaran sesat yang menghancurkan.

Ajaran-ajaran sesat yang sudah ada sejak awal kekristenan membawa warga Gereja jauh dari Tuhan yang berkuasa di sorga dan di bumi.

Gaya hidup kristiani mulai bergeser dari yang berpusat kepada Tuhan Yesus Kristus kepada diri sendiri atau manusia (self oriented) alias egois. Menganggap diri paling benar dan menyalahkan orang lain yang tidak searah dengan pola berpikir mereka yang tidak alkitabiah.

Kepekaan dan kepedulian dengan orang lain mulai berkurang. Gaya hidup ekslusifitas semakin subur. Ini sangat berbahaya dan mengancam kehidupan beriman orang percaya karena itu harus diwaspadai.

Peran Gereja untuk mengawal dan menjaga warga Gereja agar hidup menurut ajaran sehat harus tetap dilaksanakan. Berkaitan dengan hal inilah, maka penulisan bagian alkitab 1 Timotius 1:3-11 diberi tema “Berpeganglah pada Ajaran Sehat.”

  • Bagikan
Exit mobile version