MTPJ GMIM 10-16 Juli 2022 : Kecaplah dan lihatlah, Tuhan itu baik

  • Bagikan

Tema Bulanan : Misi dan Pendidikan yang Membebaskan
Tema Mingguan : Kecaplah dan Lihatlah, Tuhan itu Baik
Bacaan Alkitab : Mazmur 34:2-23

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Orang Kristen diajarkan untuk selalu bersyukur atas segala keadaan, terutama atas kebaikan TUHAN, yang telah dianugerahkan-Nya kepada setiap orang yang percaya Kepada-Nya.

TUHAN telah menganugerahkan bumi ciptaan-Nya untuk didiami oleh manusia, bahkan TUHAN mempercayakan bumi ini untuk dipelihara, dirawat dan dikelola oleh manusia, agar bermanfaat bagi keberlangsungan hidupnya.

Orang percaya diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala yang diperolehnya sebagai berkat Tuhan.

Salah satu tradisi rohani yang berlaku dalam kehidupan kerohanian masyarakat Minahasa adalah Pengucapan Syukur.

Pengucapan syukur biasanya dilakukan setelah memperoleh hasil panen atau keberhasilan dalam usaha dan pekerjaan (umumnya hasil hasil pertanian dan peternakan).

Namun tradisi pengucapan syukur yang masih dipertahankan ini, menimbulkan persoalan dalam penerapan dan pelaksanaannya.

Kebiasaan orang Kristen mengucap syukur dengan membawa sebagian hasil pertanian kepada Tuhan, mulai bergeser, bahkan seakan-akan pengucapan syukur hanya dititikberatkan pada pestanya, bukan lagi ucapan syukur mempersembahkan sebagian hasil usaha/pekerjaan kepada Tuhan.

Sehingga yang terjadi adalah pesta pora yang berlebihan, bahkan terkesan hanya menghambur-hamburkan materi (uang), padahal telah diusahakan dan diperoleh dengan susah payah.

Kendati tradisi pengucapan syukur ini, seolah-olah telah bergeser, namun hendaklah kita memaknai tradisi itu sebagai ucapan syukur kepada TUHAN sang pemberi berkat.

  • Bagikan
Exit mobile version