Bersama Kemenkes, Felly Runtuwene sosialisasi GERMAS di Manado, ini penegasannya

  • Bagikan
Sosialisasi GERMAS di Manado, Kamis (21/7/2022) siang.

Manado, BERITASULUT.co.id – Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene (FER) melanjutkan kegiatannya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kali ini Anggota Fraksi Partai NasDem dapil Sulut ini bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Dalam Penanggulangan Penyakit Tidak Menular.

Giat yang dihadiri ratusan peserta ini digelar di Aula GMIM Sion Perak Sorong Pakowa, Kecamatan Wanea, Kamis (21/7/2022) siang.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Selain Felly, dalam giat ini juga hadir langsung dan jadi narasumber yakni Kepala Sub Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Resti Dwi Hasriani dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Manado Yohanis Patari.

Dalam pengantar sosialisasi, Felly menjelaskan setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan GERMAS.

Yakni melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban.

“Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia,” ujar Felly.

  • Bagikan
Exit mobile version