Pulau Buhias-Matole Sitaro kini punya PLTD, Tonsu senang perekonomian ikut meningkat

  • Bagikan
Anggota DPRD Sulut, Toni Supit.

Manado, BERITASULUT.co.id – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Toni Supit memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Kepulauan Kecil Buhias dan Matole Kecamatan Siau Timur Selatan, Kabupaten Sitaro.

Sebagai perpanjangan tangan masyarakat Nusa Utara di DPRD Sulut, Toni Supit mengakui bahwa dengan adanya PLTD di Kepulauan Kecil Buhias dan Matole, sangat mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil.

“Kerja sama dengan PLN untuk segera mewujudkan sambungan listrik yang telah lama mereka dambakan,” ujar Tonsu, sapaan akrabnya, Kamis (13/7/2023).

Mantan Bupati Kepulauan Sitaro ini juga mengakui perkembangan perekonomian di Kepulauan Kecil Buhias dan Matole terus meningkat, apalagi saat ini sudah ada dermaganya.

”Putaran ekonomi masyarakat mulai meningkat, ada dermaga kapal-kapal mulai singgah di Pulau Buhias. Begitu juga untuk bidang kesehatan telah dibangun Puskesmas dan dokternya juga sudah tinggal,” ungkap suami Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen ini.

Apa yang disampaikan Tonsu dibenarkan Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro Djon Ponto Janis. Ia mengapresiasi sinergitas antara pemerintah daerah dan PT PLN.

“Ibu Bupati Evangelian Sasingen senantiasa selalu berjuang untuk membangun kerja sama yang baik dengan PT PLN. Sehingga kita tahu bersama sudah selesai pembangunan 1 titik PLTD dan kemungkinan uji coba rencananya akan dilaksanakan Minggu ini untuk pengoperasianya,” ujarnya.

“Karena kapal tangker pengangkut BBM sudah bersandar di pulau tersebut sehingga warga pulau-pulau terpencil tidak lagi sulit mendapatkan listrik,” kata Janis.

  • Bagikan