Sebagai Ketua Alumni, James Sumendap punya kontribusi besar bagi UKIT

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT) menggelar kegiatan wisuda pada Kamis (25/1/2024), di Auditorium Bukit Inspirasi Kota Tomohon.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua Alumni UKIT, James Sumendap, juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Kehadiran Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI dapil Sulawesi Utara (Sulut) dari PDI Perjuangan nomor urut 3 tersebut menjadi pusat perhatian.

“Selamat untuk para wisudawan dan wisudawati serta orang tua dan keluarga. Semoga ini menjadi modal berharga untuk mendapatkan masa depan yang luar biasa,” ucap Sumendap.

James Sumendap sendiri turut berkontribusi besar bagi UKIT. Pasalnya, di era kepemimpinan sebagai bupati selama 10 tahun, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi langganan sebagai lokasi bagi mahasiswa UKIT menjalankan masa Kuliah Kerja Terpadu (KKT).

Ketika itu sebagai bupati, Sumendap memerintahkan jajarannya sampai ke tingkat desa/kelurahan untuk memberikan dukungan penuh untuk kelancaran program KKT mahasiswa UKIT. Ia dengan tegas meminta jajaran pemerintah untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi para mahasiswa.

Tidak itu saja, ia juga melarang keras adanya pembebanan pekerjaan-pekerjaan fisik untuk dikerjakan oleh para mahasiswa KKN di desa.

“Mereka datang untuk membawa ilmu yang dipelajari di kampus untuk dikomparasi dan diterapkan di tengah masyarakat, sambil mendapatkan ilmu baru dari kondisi nyata di masyarakat,” tukas Sumendap.

“Sebaliknya, silahkan masyarakat juga menimba ilmu dari kehadiran para mahasiswa. Itu esensi dari sebuah KKT. Dan bukan membebani mahasiswa dengan pekerjaan fisik di desa. Dorang datang bukan for bekeng-bekeng gapura atau tugu selamat datang atau nama-nama jalan,” imbuhnya.

Sikap yang sama juga ditunjukkan anggota DPRD Sulut dua periode ini untuk mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya, baik dari Unsrat, Unika De La Salle, dan yang lainnya. Tak heran bila Kabupaten Mitra di era kepemimpinan Sumendap selalu menjadi langganan lokasi KKT.

Terkait dengan adanya wisuda di UKIT, Sumendap yang juga merupakan salah seorang alumni, menyampaikan harapannya agar UKIT semakin luar biasa untuk menghadirkan sumber daya manusia yang luar biasa dan mengabdikan ilmunya sesuai jurusan masing-masing. (***)

  • Bagikan