Awas! Bawaslu Manado Ingatkan Kecurangan dan Pelanggaran Pemilu 2024 di TPS, Ini Masalah dan Potensinya

  • Bagikan
Bawaslu Manado menggelar sosialisasi kepada media massa terkait Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran Pemungutan dan Penghitungan Suara, yang digelar di Hotel Grand Whiz Manado, Selasa (6/2/2024) siang.

Manado, BERITASULUT.co.id – Pelaksanaan Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Pekan depan, tepatnya Rabu (14/2/2024), rakyat Indonesia akan memilih Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif semua tingkatan.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado pun intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait beragam potensi pelanggaran dan kecurangan, khususnya di Hari H pemungutan dan perhitungan suara.

Salah satunya dengan menggelar sosialisasi kepada media massa terkait Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran Pemungutan dan Penghitungan Suara, yang digelar di Hotel Grand Whiz Manado, Selasa (6/2/2024) siang.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator Divisi HP2H Bawaslu Kota Manado Abdul Gafur Subaer, dan sedikit memberikan pengantar tentang persiapan yang dilakukan pihaknya sampai Hari H Pemilu 2024.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Irwan Pakaya SH MH selaku praktisi hukum yang membahas tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 dan Potensi Permasalahan.

“Ada beberapa potensi masalah selama proses di Hari H, antara lain TPS tidak dibuka tepat waktu, lokasi TPS berdekatan dengan rumah atau sekretariat parpol atau caleg, bilik suara tidak tertutup dan bisa terlihat, TPS susah diakses,” ujarnya.

“Selain itu, masalah lain yakni intimidasi tim kampanye di TPS, praktik politik uang, dan kurangnya pemahaman regulasi stakeholder di TPS,” kata Irwan.

Selanjutnya, narasumber lainnya yakni Syahrul Setiawan SH, Komisioner KPU Kota Manado periode 2018-2023 yang membahas tentang Potensi Rawan Pelanggaran dalam Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024.

  • Bagikan