Pelayanan Air Bersih, Walikota Bitung Maurits Mantiri Terima Bantuan Kemen-PUPR

  • Bagikan
Walikota Bitung Maurits Mantiri Terima Bantuan Kemen-PUPR.

Bitung, BERITASULUT.CO.ID – Komitmen Perumda Air Minum Duasudara untuk meningkatkan pelayanan air bersih ke masyarakat terus ditunjukan. Terbaru, berkat upaya lobi yang baik perusahaan ini memperoleh tambahan mobil tangki air dari pemerintah pusat.

Ada dua unit mobil tangki air yang didapat Perumda Air Minum Duasudara. Masing-masing mobil punya kapasitas angkut 4.000 liter. Mobil-mobil tersebut berasal dari Balai Sarana Permukiman Sulut, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Serah terima mobil tangki ini berlangsung tadi pagi di Kantor Walikota Bitung. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Balai Sarana Permukiman Wilayah Sulut, Nurdiana Habibie, ke Walikota Bitung Maurits Mantiri yang juga Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumda Air Minum Duasudara.

“Tentunya dengan bantuan mobil tangki air bersih ini bisa membantu masyarakat mendapatkan pelayanan air bersih, dimana pemerintah sedang berjuang melakukan perbaikan instalasi air bersih yang terkena bencana banjir beberapa waktu lalu,” terang Walikota Bitung Maurits Mantiri, Kamis (21/3/2024).

Kegiatan serah terima disaksikan oleh jajaran Perumda Air Minum Duasudara, yakni Direktur Alfred Salindeho, Ketua Dewan Pengawas Jeffry Wowiling, Manajer Teknik Joutje Sumampouw, Manajer Umum Joubert Kussoy, dan Asisten Manajer Umum Oudy Lumingkewas.

Alfred Salindeho memberi penjelasan perihal operasional dua mobil tangki air ini. Menurut dia, mobil dimaksud akan diprioritaskan untuk penanganan tanggap darurat pasca bencana banjir bandang awal Maret ini.

“Proposal yang kita ajukan seperti itu, untuk penanganan tanggap darurat bencana. Baru-baru ini kan Kota Bitung dilanda banjir bandang, yang salah satu akibatnya pelayanan air bersih ke masyarakat jadi terganggu,” terangnya.

Alfred menyebut dampak banjir baru-baru ini sangat terasa pada pelayanan perusahaan yang dipimpinnya. Distribusi air jadi tidak maksimal karena ada pipa pelayanan yang putus gegara musibah tersebut.

“Pelayanan tidak maksimal karena perbaikan pipa yang putus masih berlangsung. Makanya untuk mengakali itu kita mengerahkan pelayanan mobil tangki air. Tapi karena cuma ada dua unit, jangkauannya sangat terbatas. Karena itulah kita melobi Balai Sarana Permukiman dan akhirnya dapat tambahan dua unit,” paparnya.

Berkat tambahan di atas, Perumda Air Minum Duasudara kini punya empat unit mobil tangki air. Dengan begitu, Alfred pun optimis pelayanan akan lebih baik sambil menunggu perbaikan pipa yang putus selesai dilaksanakan.

(btg)

  • Bagikan