Aktivitas Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang Menurun, Tak Turunkan Semangat ODSK Kirim Bantuan

  • Bagikan
Logistik di Posko Bantuan Kantor Gubernur Sulut, Jln 17 Agustus, Manado, siap dikirim ke Tagulandang.(ist)

Manado, BERITASULUT.CO.ID – Aktivitas vulkanik erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) hingga Senin (22/4/2024) hari ini terus menurun.

Meski begitu, tak menurunkan niat Pemprov Sulut di bawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (ODSK) untuk terus menyalurkan bantuan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Adolf Tamengkel mengatakan, bantuan tahap I dan 2 telah disalurkan, sedangkan bantuan tahap 3 akan disalurkan hari ini juga menggunakan KM Lokong Banua.

“Bantuan yang dikirim terdiri dari 30 macam semua kurang lebih 12 ribu unit. Ada juga bantuan dari BNPB RI. Dapur umum tersedia di Posko Induk Tagulandang,” ujar Kaban Adolf di Posko Bantuan Kantor Gubernur Sulut, Jln 17 Agustus, Manado.

Dia mengungkapkan kondisi Gunung Ruang sudah berangsur membaik. Dan saat ini status Gunung Ruang telah turun dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga).

“Tanggap darurat bencana ditetapkan sejak 16 April 2024 pekan lalu, dan berlangsung selama 14 hari. Kalau masih ada erupsi, bisa saja diperpanjang,” katanya.

(donwu)

 

  • Bagikan