Pemkab Mitra tanggung iuran BPJS Kesehatan 27 ribu warga, Rp8,6 miliar dialokasikan

  • Bagikan

RATAHAN, BERITASULUT.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mengalokasikan anggaran Rp8,6 miliar untuk membayar iuran BPJS Kesehatan puluhan ribu warga.

Sekitar 27 ribu masyarakat Minahasa Tenggara, iuran BPJS Kesehatan mereka ditanggung oleh Pemkab Mitra. Hal ini dikatakan Bupati Ronald Sorongan, di sela kegiatan Coffe Morning dengan insan pers bersama sejumlah OPD, di Cafe Zabbua, Ratahan, Selasa (14/5/2024) beberapa hari lalu.

“Setelah menandatangani kerja sama dengan BPJS Kesehatan pada akhir bulan April lalu, Pemkab Mitra mengalokasikan anggaran sebesar Rp8,6 miliar guna meng-cover 27 ribu warga Minahasa Tenggara lewat pelaksanaan program Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah), terhitung untuk bulan Mei sampai Desember 2024,” terang Bupati Ronald Sorongan.

Sementara untuk bulan Januari sampai April, Sorongan mengungkapkan, puluhan ribu warga tersebut tidak ter-cover karena kepesertaannya oleh BPJS Kesehatan dinonaktifkan sementara. Penyebabnya, diakui bupati, karena keterbatasan anggaran sehingga untuk periode Januari-April tidak dialokasikan.

“Sebab ada anggaran yang dihibahkan oleh Pemkab Mitra ke KPU (Rp32 miliar, red) dan Bawaslu (Rp11 miliar, red). Anggaran hibah ini suatu keharusan dalam rangka pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Minahasa Tenggara. Sehingga untuk periode Januari sampai April tidak dianggarkan,” ungkap Sorongan.

Ia juga menjelaskan, 27 ribu masyarakat yang BPJS Kesehatannya di cover Pemkab Mitra merupakan warga kurang mampu atau kategori miskin. Itu diluar aparatur pemerintah desa dan tenaga harian lepas atau THL. (HENGLY)

  • Bagikan