Besok, seleksi kompetensi dasar CPNS Pemkot Manado

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Seleksi CPNS 2018

MANADO, BERITASULUT.CO.ID – Seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 untuk Pemkot Manado sudah selesai dilakukan. Setelah itu, akan dilakukan seleksi berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) berupa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan mulai besok, Sabtu dan Minggu, 3-4 November 2018.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (DKPP) Kota Manado Corry Tendean SH mengatakan, tes SKD ini akan digelar di Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (Kanreg BKN) Wilayah XI Manado, Jalan AA Maramis, Kelurahan Paniki Bawah, Mapanget.

“Tes SKD CPNS Pemkot Manado akan dilaksanakan 3-4 November di Kanreg XI BKN Manado,” ujar Tendean, Kamis 01 November 2018.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 637 Tahun 2018 tentang penetapan instansi yang menggunakan sistem CAT BKN dan CAT UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), pelaksanaan seleksi CPNS terdiri dari:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Peserta seleksi CPNS yang telah lulus pada seleksi administrasi dari instansi, selanjutnya akan mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal seleksi CPNS 2018 dengan sistem CAT berasal dari konsorsium Perguruan Tinggi dan dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
Setelah lulus ambang batas kelulusan (passing grade) SKD, maka sebanyak 3x formasi pada setiap jabatan yang mendapat alokasi formasi akan mengikuti SKB. Rincian penjelasan terkait materi SKB yakni:

a. Materi SKB ditetapkan oleh instansi pembina Jabatan Fungsional

b. Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan belum siap menyusun materi SKB, maka soal SKB merujuk pada rumpun jabatan.

c. Materi sebagaimana dimaksud pada huruf (a) dan (b) selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT BKN dan CAT UNBK.

Diketahui, formasi CPNS untuk Pemkot Manado teralokasi formasi 199 CPNS yang diseleksi dari Formasi Eks TH-EKS K2 maupun seleksi Formasi Umum. Adapun untuk Formasi Umum terdiri dari Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis (selengkapnya lihat tabel). Penerimaannya pun langsung ditempatkan di instansi-instansi yang sudah ditentukan, dengan kualifikasi pendidikan yang juga disertakan.(DONWU)

Baca Juga:  Aplikasi PANADA Pemkot Manado sukses curi perhatian pemerintah pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.